Blog

Waspada, Ternyata Diare Bisa Berakibat Kematian

Penyakit diare mungkin digolongkan pada penyakit yang umum dan sering dialami oleh banyak orang. Penyakit ini memang tidak pandang bulu, tidak mengenal usia maupun jenis kelamin, dari anak-anak hingga dewasa bisa terkena penyakit diare. Karena hal tersebut, banyak orang yang pada akhirnya menyepelekan diare dan menganggap penyakit ini tidak terlalu berbahaya. Namun, tahukah Anda bahwa penyakit diare yang kronis ternyata bisa mengancam keselamatan dan merenggut nyawa seseorang?

Diare merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi pada saluran pencernaan oleh bakteri-bakteri tertentu seperti E.Coli, Salmonella, Shigella, dan Campylobacter. Penyebaran bakteri ini biasanya melalui lalat yamg hinggap di makanan yang biasa dikonsumsi manusia. Sanitasi yang buruk serta tidak terjaganya kebersihan lingkungan akan membuat bakteri ini banyak berkembang biak. Ketika lalat berinteraksi dengan sampah dan kotoran manusia mapun hewan, maka bakteri penyebab diare biasanya akan menempel pada kaki dan tubuh lalat kemudian menyebar melalui makanan ketika si lalat hinggap pada makanan. Makanan tersebut ketika dikonsumsi oleh manusia sangat berpotensi menimbulkan infeksi pada pencernaan sehingga menyebabkan penyakit diare.

Fakta Mengejutkan, Diare Merupakan Penyakit Yang Beresiko Kematian

Ketika seseorang terkena penyakit Diare, biasanya akan sering melakukan aktifitas buang air besar. Feses atau tinja akan encer ditambah dengan mual dan muntah, tubuh terasa lemah karena kehilangan banyak cairan. Biasanya penyakit ini akan aktif dan menyerang manusia hanya dalam beberapa hari saja. Namun pada sebagian kasus yang lebih parah, diare bisa menyerang manusia dalam waktu yang relatif lama sampai berminggu-minggu. Ketika hal itu terjadi, maka harus segera dilakukan tindakan yang benar melalui tenaga medis karena hal tersebut sudha sangat beresiko bisa bisa membahayakan dan mengancam keselamatan pasien.

Baca Juga  3 Cara Menghindari Kontaminasi Bakteri Dari Lalat

Di Indonesia sendiri, penyakit ini menjadi masalah yang cukup pelik karena termasuk pada salah satu Negara yang penduduknya rentan terkena penyakit Diare. Penyakit ini juga menghuni peringkat ke-3 pada kategori jenis penyakit menular sedangkan di uruta pertama dan kedua adalah penyakit TBC serta Penyakit Pneumonia. Diare merupakan penyakit yang mampu menyerang pada jenis usia berapa saja, namun kelompok usia yang paling sering terinfeksi oleh penyakit ini adalah bayi dibawah 5 tahun.

Alasan ini Yang Menjadi Pemicu Diare Bisa Menyebabkan Kematian

Ketika seseorang terkena atau terinfeksi oleh bakteri yang menyebabkan penyakit diare, maka mereka akan kehilangan banyak sekali cairan tubuhnya, sehingga elektrolit dalam tubuh juga ikut berkurang secara drastis. Hal tersebut akan berakibat pada ketidak seimbangan tubuh bahkan bisa menyebabkan kejang otot. Orang yang terkena diare biasanya akan dehidrasi sehingga kerja seluruh organ serta jaringan tubuh mereka juga akan terganggu atau tidak bisa bekerja secara optimal. Dalam kasus yang lebih parah, akibat dehidrasi ini akan memicu pada rusaknya fungsi ginjal yang bisa mengakibatkan pada gagal ginjal.

Dengan demikian, tidak boleh ada orang yang menggap remeh pada penyakit ini. Mungkin secara sepintas, penyakit ini terlihat enteng dan mudah sembuh, namun jika kita meneliti lebih jauh, ternyata penyakit ini sangat berbahaya bagi manusia. Dampak dari penyakit ini angat besar, terutama dehidrasi dan kekurangan cairan pada tubuh yang bisa menjadi sebab berbagai hal yang mengerikan bisa terjadi.

Yang menjadi faktor penyebab penyakit ini terjadi adalah sanitasi yang buruk dan banyaknya lalat yang berkeliaran sehingga membantu penyebaran bibit penyakit dari bakteri-bakteri berbahaya seperti E-Coli dan Salmonella. Oleh karena itu, selain menjaga kebersihan lingkungan, Anda juga harus memastikan agar tidak ada lalat yang berkeliaran di rumah Anda.

Baca Juga  Dampak Negatif Pembasmi Hama Pestisida Berlebihan

Banyak cara untuk membasmi lalat, mulai dari cara yang tradisional sampai cara yang canggih. Namun, ara yang benar-benar efektif dan mujarab adalah dengan menggunakan jasa pembasmi hama lalat yaitu FUMIDA. Segera hubungi FUMIDA untuk membereskan masalah lalat di rumah Anda melalui nomor 0822-1177-1166/021-29049130. Semoga kita semua tehindar dari berbagai penyakit berbahaya, khususnya diare yang diakibatkan oleh lalat hijau ini.

Leave a comment

WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang