Blog

Hal-hal Yang Bisa Membunuh Rayap

Hal-hal Yang Bisa Membunuh Rayap

Dalam koloni besar, rayap merupakan serangga yang kuat. Namun dalam jumlah kecil, rayap sangat mudah sekali dibasmi karena rapuh dan mudah mati. Jika anda menghadapi masalah infestasi rayap di rumah, kami ingin memberitahu beberapa hal yang bisa membunuh mereka.

Nematoda

Nematoda merupakan musuh alami serangga. Cacing berukuran kecil ini bisa membantu anda mengontrol populasi rayap di pekarangan rumah. Yang perlu dilakukan adalah membeli bibitnya, lalu disebarkan secara merata ke area yang ada banyak rayapnya. Berikutnya mereka akan mencari serangga, meletakkan telur mereka di dalam tubuhnya, lalu perlahan-lahan memakannya dari dalam. Terdengar seram memang, namun cacing ini memang diperlukan dalam mengontrol serangga di alam liar.

Cahaya matahari

Beberapa spesies rayap sangat membenci suhu tinggi. Jadi wajar jika mereka memilih bersembunyi di dalam tanah dan keluar hanya di musim hujan untuk berkembang biak. Ketika muncul pun ke permukaan, serangga ini akan membutuhkan saluran khusus yang disebut dengan mud tube. Saluran tersebut terbuat dari debu dan kotoran. Sinar UV bisa membunuh sebagian besar spesies rayap, baik rayap tanah maupun rayap kayu basah. Selain itu, cara ini juga alami dan tidak menimbulkan efek negatif bagi lingkungan.

Hal-hal Yang Bisa Membunuh Rayap 2

Lalu, bagaimana cara membawa mereka ke bawah sinar matahari? Untuk rayap yang berada di bawah tanah, anda bisa menggali dan menggemburkan tanah. Lakukan pekerjaan dengan cepat agar mereka tidak punya peluang untuk bersembunyi kembali. Untuk kayu yang sudah digerogoti rayap, jemur saja di bawah sinar matahari. Itu akan memaksa mereka keluar karena tidak tahan kepanasan.

Spray cedar

Spray cedar terbuat dari kayu cedar, sudah dipergunakan sejak lama untuk mengusir serangga. Bahkan anda bisa memakai produk turunan apa saja, termasuk minyak cedar dan essence kayu cedar. Bahan ini bisa dipergunakan untuk membunuh rayap tanah dan rayap kayu kering. Lalu, bagaimana cara kerjanya? Zat kimia di dalam cedar bisa mengganggu sistem pernafasan rayap, membuatnya sesak nafas hingga akhirnya mati. Selain itu, cara ini juga relatif ramah lingkungan. Kebanyakan produsen mengklaim jika spray cedar mereka tidak mengandung bahan kimia berbahaya, sehingga aman diaplikasikan di sekitar rumah.

Baca Juga  Jasa Anti Rayap di Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Suhu dingin

Seperti yang disampaikan di awal, rayap merupakan hewan yang rapuh. Bukan hanya suhu tinggi saja yang bisa membunuh mereka, namun suhu rendah pun punya efek serupa. Jika sedang musim hujan dan anda kesulitan mencari sinar matahari, alternatif lainnya untuk membunuh mereka adalah membekukan mereka dengan nitrogen cair. Atau anda juga bisa memasukkan kayu yang ada rayapnya ke dalam lemari pendingin. Semakin rendah suhu, semakin cepat juga sistem tubuh mereka mengalami collapse. Itulah mengapa nitrogen cair sering dijadikan sebagai opsi utama.

Hal-hal Yang Bisa Membunuh Rayap

Pestisida

Pestisida merupakan cara mudah dan efektif untuk membunuh rayap. Pestisida merupakan bahan kimia yang dirancang khusus untuk meracuni tubuh serangga, sehingga mereka mati dengan cepat. Dari segi efektivitas, zat ini tidak hanya bekerja untuk rayap, tapi juga jenis serangga lain. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang langsung beralih ke pestisida ketika mereka berurusan dengan hama rayap. Cara ini dirasa paling hemat waktu dan mampu mengatasi masalah infestasi skala besar. Karena dampaknya yang ekspansif, pemakaiannya pun harus bijaksana, terutama soal dosis.

Anda sebaiknya berkonsultasi dulu dengan ahlinya atau baca baik-baik petunjuk penggunaan sebelum menyebar pestisida ke seluruh rumah. Selain itu, jangan lupa pakai perlengkapan pengaman seperti sarung tangan dan masker agar zat-zat kimia yang terkandung di dalamnya tidak masuk ke dalam tubuh. Sebarkan pestisida pada cuaca yang terik dan tidak berangin. Jika angin sedang kencang, hindari menyemprotkan pestisida sebab partikel mikronya bisa menyebar ke tempat dan menimbulkan masalah kesehatan.

Leave a comment

WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang