Rayap

Pengendalian Rayap

Jangan Biarkan Hama Mengganggu Kehidupan Keluarga Anda. Hubungi 021-29049130 / 0822-1177-1166

Rayap

Di alam bebas, rayap biasa dikenal sebagai semut putih yang sebenarnya sangat berguna untuk sistem ekologi karena rayap membantu mengurai nutrisi dari tanaman atau pohon yang sudah mati. Rayap justru dapat menjadi ancaman yang serius pada saat mereka memasuki tempat tinggal manusia. Rayap terkenal sebagai hama yang paling sulit untuk dikendalikan, dan mereka mampu menyebabkan kerugian finansial dan kerusakan struktur untuk bisnis dan rumah.

Di Indonesia, kerusakan yang disebabkan oleh serangan rayap lebih sering ditemukan jika dibandingkan dengan banjir dan kebakaran. Hal ini dikarenakan iklim tropis di Indonesia memiliki tingkat kelembaban yang tinggi sehingga mendongkrak pertumbuhan dari koloni rayap. Rayap  mampu memakan kayu selama 24 jam tanpa istirahat, hal inilah yang menyebabkan hama rayap dapat dengan sangat cepat merusak bangunan dan memakan biaya yang mahal untuk perbaikan bangunan yang telah dimakan rayap.

6 FAKTA UNIK RAYAP

Tahukah Anda?

  1. Rayap tidak pernah tidur, mereka akan memakan apapun yang berbahan kayu di rumah Anda tanpa henti
  2. Rayap merupakan serangga yang mengakibatkan kerugian mencapai Rp2,8 triliun per tahun di Indonesia
  3. Ratu rayap dapat bertelur setiap 15 detik dan tidak pernah berhenti semasa hidupnya
  4. Rayap terkenal sebagai silent destroyer karena dapat menghancurkan bangunan tanpa disadari
  5. Satu koloni rayap dapat berjumlah jutaan rayap, bayangkan jika mereka menginfestasi rumah Anda
  6. Rayap merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendirian

Pengendalian Anti Rayap FUMIDA

Sebagai perusahaan pest control profesional, Fumida selalu memberikan solusi pengendalian rayap yang disiapkan khusus untuk beberapa jenis rayap dan kebutuhan pelanggan yang berbeda-beda. Inspeksi terhadap rayap dan pengendalian secara komprehensif yang tercover oleh garansi dari Fumida. Selama bertahun-tahun Fumida dipercaya melindungi properti dan industri di seluruh Indonesia dalam mengengendalikan rayap dan masalah yang ditimbulkannya.

Cara paling baik untuk mengendalikan rayap adalah dengan menggunakan jasa pest control profesional dan terpercaya. Fumida memiliki solusi pengendalian hama rayap yang komprehensif untuk membantu menghilangkan dan mencegah serangan rayap ini.

3 solusi utama pengendalian rayap yang kami miliki:

Jenis Pekerjaan Pengendalian Rayap

Metode terbaik dalam pengendalian rayap adalah dengan mengelompokan jenis pekerjaan berdasarkan kondisi bangunan, maka dari itu Fumida mengelompokan jenis pekerjaan sebagai berikut :

Pra Konstruksi

Anti Rayap Pra Konstruksi

Treatment pada bangunan yang sedang dikerjakan atau sedang dalam tahap renovasi

Pasca Konstruksi

Pasca Konstruksi

Treatment yang dapat dilakukan pada bangunan yang sudah dihuni atau sudah tidak ada aktifitas pembangunan

JENIS-JENIS RAYAP

Ratu rayap dapat bertelur 15 detik sekali, dalam 1 menit ratu rayap dapat menghasilkan ribuan telur yang akan terbagi menjadi 3 golongan, diantaranya :

Rayap Pekerja (Worker Termite)

Pekerja rayap mencari dan mengumpulkan makanan untuk koloni rayap. Pekerja rayap juga bertanggung jawab untuk membangun dan memelihara sarang rayap. Mereka memakan selulosa, yang merupakan komponen penting yang ditemukan di kayu dan rumput. Di alam, mereka membantu dalam pemecahan materi yang mati dan membusuk.

Rayap pekerja adalah golongan rayap yang menjadi mesin penghancur dan menjadi penyebab utama kerugian. Rayap ini bekerja tanpa kenal lelah mencari makan dan merawat koloni mereka. Jika rayap pekerja tidak mendapatkan makanan, maka ratu rayap dan rayap penjaga tidak akan mendapatkan makanan yang akan menyebabkan kebinasaan koloni mereka.

Rayap Penjaga (Soldier Termite)

Semua rayap hidup di sarang atau koloni. Kelas individu (atau “kasta”) rayap dalam koloni memiliki peran dan fungsi mereka sendiri. Rayap penjaga memiliki tugas untuk mempertahankan koloni dari serangan serangga lain. Jika sarang rayap terancam, rayap penjaga akan cepat tanggap untuk “menyumbat” dinding yang rusak, terowongan (“pipa lumpur”), dan/atau area di mana sarangnya menjadi rentan untuk diserang.

Rayap penjaga tidak dapat mencari makan sendiri, mereka sangat bergantung kepada rayap pekerja untuk urusan makanan. Maka dari itu, jika rayap pekerja jumlahnya berkurang, maka rayap penjaga juga akan berkuran, lalu serangga penyerang dapat dengan mudah menghancurkan koloni mereka

Rayap Reproduksi (Laron)

Alate atau yang biasa dikenal dengan sebutan laron di Indonesia merupakan rayap bersayap yang keluar dari sarangnya untuk mendirikan koloni baru. Laron jantan dan betina hanya hidup 1 malam, jika mereka tidak bisa mencari pasangannya, mereka akan mati ketika fajar tiba. Laron yang menemukan pasangan biasanya berjalan berpasangan dan mencari lingkungan yang sesuai untuk kawin.

Cara Mencegah Rayap

  • Segera perbaiki pipa dan keran yang bocor – Mengatasi masalah kebocoran pada saluran pipa dapat menghilangkan kondisi lembab yang disenangi oleh rayap.
  • Potong tanaman yang merambat di pinggir rumah – Tanaman  atau pohon yang tumbuh merambat dekat struktur bangunan memberikan rayap jalan masuk ke dalam bangunan tanpa terdeteksi oleh Anda.
  • Buang pohon mati – Pohon mati merupakan tempat ideal untuk rayap membuat sarang. Membuang pohon mati adalah salah satu cara mengusir rayap yang efektif dalam mengurangi risiko serangan rayap pada bangunan Anda.
  • Membuang sampah kayu yang tertumpuk di sekitar bangunan – Membiarkan tumpukan kayu berarti Anda menyediakan makanan yang menarik dan tempat bersarang yang disenangi oleh rayap tanah.

1. Hubungi Kami

Hubungi kami di 0822 1177 1166 tim kami akan merespon dengan cepat panggilan Anda

2. Survey

Para ahli biologi kami akan membahas masalah hama, menjadwalkan treatment, dan memberikan rekomendasi penawaran.

3. Treatment

Permasalahan hama Anda akan langsung ditangani oleh tenaga ahli kami yang tersertifikasi

Jadwalkan Treatment Anti Rayap Sekarang

Jangan ambil resiko properti rusak karena rayap, segera lindungi bangunan Anda

WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang