Blog

Jenis Kerusakan Yang Bisa Ditimbulkan Oleh Rayap 2

Jenis Kerusakan Yang Bisa Ditimbulkan Oleh Rayap

Rumah anda lebih berpeluang mengalami kerusakan akibat serangan rayap ketimbang kobaran api. Itu karena rayap hidup dimana-mana terlebih di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Meskipun beberapa jenis rayap tinggal di dalam tanah, mereka tetap akan keluar untuk mencari makan. Sudah banyak pemilik rumah yang mengeluh jika struktur rumah mereka perlahan-lahan mengalami kerusakan karena digerogoti rayap dan ini terjadi hanya beberapa tahun setelah rumah didirikan. Oleh sebab itu, lebih baik melakukan tindakan preventif seperti dengan membuat termite barrier saat rumah belum jadi. Namun anda juga bisa menjauhkan mereka saat rumah sudah berdiri, yaitu dengan bantuan jasa pengendali hama seperti kami. Berikut ini adalah beberapa jenis kerusakan yang bisa diakibatkan oleh rayap:

Lantai

Rumah di Indonesia tidak semuanya punya pondasi lantai beton. Beberapa yang masih mempertahankan tradisionalitas membuat rumah sepenuhnya dari kayu, termasuk lantai. Mengingat kayu merupakan sumber makanan rayap, maka ancaman akan selalu ada jika lantai di rumah terbuat dari material ini. Bahkan kerusakan tidak akan terlihat sebelum benar-benar parah. Rayap suka menggerogoti kayu secara tersembunyi, sehingga perlu inspeksi rutin untuk mendeteksinya.

Jenis Kerusakan Yang Bisa Ditimbulkan Oleh Rayap

Kusen pintu

Struktur kayu apapun di rumah tidak akan pernah aman dari serangan rayap, termasuk kusen. Alasan mengapa kusen sangat rentan terhadap serangan rayap adalah karena struktur ini seringkali bersentuhan langsung dengan tanah. Rayap akan lebih mudah mencapai bagian bawah kusen karena berada dekat dengan tanah. Jika diabaikan, kerusakan akan semakin meluas dan mempengaruhi bagian penting dari pondasi rumah anda.

Atap rumah

Hanya karena atap rumah letaknya lebih tinggi bukan berarti area tersebut aman dari rayap. Koloni rayap selalu bergerilya mencari sumber makanan baru jika yang lama telah habis. Selain itu, jenis rayap juga banyak, bukan hanya rayap tanah. Pada rayap tanah kita lebih mudah mengetahui keberadaan mereka sebab jenis ini selalu membuat terowongan tanah ketika bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain. Namun rayap kayu kering tidak membutuhkan ini sama sekali. Mereka langsung mencari kayu saat membuat sarang dan memulai kerusakan saat koloni semakin membesar. Oleh sebab itu, sebagai pemilik rumah anda harus selalu waspada akan tanda-tanda infestasi rayap. Jangan sampai struktur rumah bagian atas menjadi rapuh akibat serangan rayap.

Baca Juga  Jasa Anti Rayap di Jatinegara Jakarta Timur

Jenis Kerusakan Yang Bisa Ditimbulkan Oleh Rayap 2

Pondasi rumah

Pondasi dari beton memang aman dari rayap karena rayap tidak memakan apapun selain kayu. Namun satu yang perlu diingat, serangga ini punya ukuran yang sangat kecil, memudahkan mereka untuk masuk melalui celah-celah sempit. Pondasi rumah seiring waktu akan mengalami keretakan karena paparan panas atau tekanan berlebihan. Jika sudah begini, rayap akan lebih mudah menjelajahi rumah lewat celah sempit ini. Maka dari itu, jangan lengah hanya karena pondasi rumah anda terbuat dari beton. Satu-satunya cara membuat pondasi lebih aman adalah dengan menjadikannya termite barrier. Pembuatannya adalah dengan bantuan zat kimia yang diaplikasikan di bawahnya. Ini akan meminimalisir resiko terjadinya infestasi rayap.

Pekarangan rumah

Bukan hanya bangunan utama saja, elemen kayu yang mengitari rumah juga bisa dirusak oleh rayap. Beberapa rumah masih memakai pagar yang terbuat dari kayu. Sekuat apapun pagar tersebut, dalam beberapa tahun strukturnya tetap bisa rusak karena rayap punya kemampuan mencerna selulosa di dalam kayu. Beberapa rayap lebih suka memakan kayu berstruktur empuk, sementara yang lainnya merupakan spesialis kayu keras atau kayu kering. Agar lebih aman, sebaiknya lapisi pagar dengan cat anti rayap. Pengaplikasiannya bisa diulang beberapa tahun sekali agar efeknya tetap terjaga.

Leave a comment

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822 1123 1123
WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang