Blog

4 Penyakit Berbahaya Yang Diakibatkan oleh Gigitan Nyamuk


Dalam fikiran Anda, saat pertama kali mendengar mengenai penyakit yang disebarkan oleh nyamuk pasti tentunya penyakit demam berdarah dengue atau DBD. Ya, DBD merupakan penyakit fenomenal dan sangat terkenal yang penyebarannya dilakukan oleh nyamuk. Namun, tahukah Anda? Bahwa bukan hanya DBD saja penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk lho, melainkan masih banyak penyakit berbahaya dan mematikan lainnya yang dibawa oleh serangga kecil menyebalkan ini. Berikut ini merupakan 4 penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk selain demam berdarah dengue.

1. Penyakit Malaria

Malaria merupakan penyakit menakutkan bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di pegunungan. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi parasit protozoa yang dibawa oleh nyamuk yang bernama Anopheles. Hanya nyamuk Anopheles betina saja yang membawa protozoa berbahaya jika menggigit manusia.
Protozoa parasit Plasmodium pada nyamuk ini akan menginfeksi manusia saat si nyamuk menghisap darah, parasit akan dilepaskan ke aliran darah manusia, dan saat itulah sudah mulai terkena penyakit malaria. Pasien akan demam dan menggigil biasanya selama 2-3 hari serta diikuti gejala lainnya seperti sakit kepala. Jika tidak ditangani secara serius akan menyebabkan kematian

2. Penyakit Chikungunya

Di urutan selanjutnya adalah penyakit chikungunya. Penyakit ini merupakan infeksi virus chikungunya yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti. Ketika Anda terserang penyakit chikungunya, biasanya akan mendapatkan gejala yang hampir sama dengan DBD, diawali dengan demam 2-3 hari, disertai dengan menggigil, nyeri kepala, serta muncul bintik-bintik merah pada area permukaan kulit. Namun yang membedakan chikungunya dengan DBD adalah adanya rasa sakit di setiap persendian pada tubuh pasien yang terinfeksi oleh virus chikungunya.

3. Penyakit Zika

Beberapa tahun terakhir, dunia cukup dibuat heboh dengan adanya sebuah penyakit baru yang diakibatkan oleh nyamuk Aedes aegepty. Selain menyebabkan DBD dan Chikungunya, ternyata nyamuk menyebalkan ini juga membawa virus yang bernama zika. Sebetulnya, virus zika sendiri bukan merupakan penyakit baru karena virus ini sudah pernah ditemukan pada tahun 1953 di Nigeria.

Baca Juga  Waspada Penyakit Kaki Gajah Akibat Gigitan Nyamuk

Gejala virus Zika juga sama dengan DBD maupun chikungunya, seperti akan munculnya bintik merah pada kulit dibarengi dengan demam, menggigil dan sakit kepala, serta nyeri persendian dan otot, badan terasa lemah ditambah dengan sakit pada kepala. Penyakit ini akan menyerang kekebalan tubuh manusia dan bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan baik.

4. Penyakit Kaki Gajah

Filariasis atau penyakit kaki gajah merupakan salah satu penyakit yang lagi-lagi disebabkan oleh nyamuk. Penyakit ini disebabkan oleh adanya infeksi cacing filaria. Parahnya lagi, penyakit kaki gajah bisa ditularkan oleh hampir semua jenis nyamuk. Yang sangat mengerikan adalah penyakit filariasis atau kaki gajah ini bisa berlangsung sangat lama sampai bertahun-tahun.

Jika tak mendapatkan penanganan serius infeksi cacing filaria yang disuntikan lewat gigitan nyamuk akan membuat badan pasien demam, serta adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening, serta di area lainnya seperti lengan, tungkai kaki, buah dada wanita bahkan pada buah zakar laki-laki.

Cara Membasmi Nyamuk Sampai Tuntas

Agar kita terhindar dari berbagai jenis penyakit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk, maka sudah menjadi kewajiban bagi kita harus selalu membersihkan rumah dari keberadaan nyamuk dengan cara membasmi hama ini sampai tuntas. Tentunya, cara yang paling efektif untuk membasmi nyamuk-nyamuk ini adalah dengan jasa pest controll.

Kenapa kita harus menggunakan jasa pest controll? Ya, tentu saja karena jasa pest controll sudah sangat teruji keampuhannya untuk memberanats nyamuk. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika memilih jasa ini, karena diluaran sana banyak jasa serupa yang tidak professional dan berkualitas. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk menggunakan FUMIDA. Hubungi FUMIDA melalui layanan telp 021-29049130 atau melalui SMS/Whatsapp di 0822-1177-1166. Urusan nyamuk, serahkan pada ahlinya!

Leave a comment

WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang