Blog

Membasmi Rayap Dengan Nitrogen Cair

Membasmi Rayap Dengan Nitrogen Cair, Manjurkah?

Kekuatan terbesar rayap ada pada jumlah mereka. Serangga satu ini hidup dalam koloni yang jumlahnya bisa mencapai ratusan ribu ekor. Itulah mengapa sangat sulit untuk membasmi rayap hingga tuntas. Namun demikian, rayap tetaplah hewan yang rapuh. Dalam kelompok kecil, kita bisa membasminya dengan mudah, contohnya dengan minyak jeruk, minyak tanah, dll. Bahkan suhu tinggi juga bisa membuat mereka terganggu. Maka tak heran jika rayap lebih senang menghabiskan waktu mereka di dalam tanah. Kali ini kami ingin membahas cara membasmi rayap dengan nitrogen cair.

Efektivitas nitrogen cair

Seberapa efektifkah metode pembekuan untuk membunuh rayap? Sangat efektif sebab rayap tidak hanya intoleran terhadap suhu tinggi, tapi juga suhu rendah. Rata-rata mereka bisa bertahan di lingkungan yang suhunya berkisar 60 hingga 90 derajat Fahrenheit. Di bawah itu, mereka akan mati dengan cepat. Nah, bagi anda yang mendapati sarang rayap di dalam maupun luar rumah, nitrogen cair bisa menjadi solusinya.

Membasmi Rayap Dengan Nitrogen Cair

Resiko treatment dengan nitrogen cair

Meski tergolong efektif, metode ini juga memiliki kekurangan. Tidak bisa dipungkiri membasmi rayap dengan nitrogen cair sangat cepat dan efektif, tapi zat ini juga bisa menimbulkan kerusakan pada kabel serta perabotan rumah tangga jika bersentuhan langsung. Maka dari itu, anda perlu lebih teliti ketika menyebar zat tersebut. Pastikan tidak ada barang berharga di sekitar agar tidak terkena dampaknya. Kekurangan lainnya adalah nitrogen cair lebih cocok dipakai untuk infestasi skala kecil. Jika serangan rayap di rumah anda sudah terlanjur parah, sebaiknya cari jasa pengendalian hama sebab mereka punya metode yang lebih paten untuk mengusir serangga ini. Soal biaya, memakai jasa relatif lebih murah daripada menyebarkan nitrogen cair pada lahan yang luas.

Baca Juga  Jangan Biarkan Lalat Hijau Hinggap di Makanan Anda

Alternatif lainnya

Seperti disinggung di awal, rayap sebenarnya sensitif terhadap perubahan suhu. Saat musim panas mereka akan mengubur diri dalam-dalam untuk mencari kelembaban. Jika musim hujan telah tiba, mereka akan berbondong-bondong keluar dari sarang untuk berkembang biak. Ada alasan kuat mengapa kita lebih sering melihat laron di musim penghujan. Laron merupakan versi dewasa dari rayap. Ketika mencapai kematangan seksual, mereka akan terbang untuk mencari pasangan.

Membasmi Rayap Dengan Nitrogen Cair 2

Laron jantan dan betina yang telah kawin akan mencari lokasi baru untuk bertelur dan membentuk koloninya sendiri. Melihat dari sifat rayap yang intoleran terhadap suhu dingin, anda bisa membunuh rayap dengan memasukkannya ke dalam lemari es. Ini bisa menjadi alternatif jika nitrogen cair sulit didapat di sekitar tempat tinggal anda. Namun balik lagi, cara ini hanya cocok untuk infestasi skala kecil. Jika koloni mereka sudah terlalu besar, bahan kimia tetap menjadi metode paling efektif.

Pencegahan

Seperti kata pepatah ‘mencegah lebih baik daripada mengobati’, penanganan rayap juga seharusnya demikian. Jika belum terlihat tanda-tanda serangan rayap di rumah, lakukan tindakan preventif agar mereka tidak datang. Salah satu caranya adalah dengan menjauhkan kayu-kayu di rumah dari sumber air. Air bisa melemahkan struktur dari kayu, membuat rayap lebih mudah memakannya. Oleh sebab itu, periksa kembali apakah ada pipa-pipa yang bocor. Jika ada, lakukan penambalan sehingga air tidak merembes dan meresap ke dalam kayu di sekitarnya.

Langkah preventif lainnya adalah dengan memilih jenis kayu tahan rayap untuk perabotan rumah. Ada beberapa jenis kayu yang biasanya tahan terhadap serangan rayap, diantaranya adalah kayu ulin, jati, dan merbau. Anda bisa memakainya untuk furniture dan bagian lain dari rumah. Perlu info lebih banyak seputar pengendalian rayap? Silakan hubungi kami lewat kontak yang sudah disediakan.

Leave a comment

WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang