Blog

Mencegah Dan Membasmi Kumbang Kayu Dengan Benar

Mencegah Dan Membasmi Kumbang Kayu Dengan Benar

Sesuai dengan namanya, kumbang kayu adalah jenis hama yang suka berasarang di kayu dan menyebabkan kayu tersebut rusak, lapuk dan rapuh. Hal ini akan menjadi lebih parah jika kumbng kayu tersebut mulai menggerogoti kayu rumah Anda. namun, sebelum hal tersebut terjadi, ada beberapa tips dan trik khusus untuk mencegah timbulnya kumbang kayu.

Tips dan Trik Cegah Timbulnya Kumbang Kayu

Agar kumbang kayu tidak dapat menyerang kayu di rumah atau perabotan rumah Anda, maka pastikan Anda melakukan beberapa cara tepat di bawah ini:

1. Memilih jenis kayu yang berkualitas.

Sebelum Anda mulai membangun atau membeli rumah, pastikan Anda mengecek kembali kondisi kayu yang digunakan. Kayu dengan kualitas baik akan lebih susah terjangit hama kumbang kayu sehingga Anda tidak perlu repot-repot mendapati kayu rumah atau perabotan Anda hancur dimakan hama.

2. Lapisi kayu dengan furnishing

Jika kayu yang dipilih sudah merupakan kayu berkualitas tinggi maka langkah pencegahan kedua yakni dengan memberikan lapisan atau furnishing anti hama kayu seperti kumbang kayu. Tentu saja lapisan ini berfungsi untuk melindungi kayu sehingga dapat bertahan lebih lama dan bebas hama.

3. Pelapisan insektisida

Selain furnishing, Anda juga dapat menggunakan insektisida sebagai langkah pencegahan kumbang kayu pada kayu perabotan rumah.

Itulah tadi langkah-langkah awal pencegahan kumbang kayu terhadap kayu di dalam rumah dan beberapa perabotan rumah. Namun, jika kayu sudah diserang oleh kumbang kayu, maka Anda perlu membasminya dengan cara ampuh berikut ini.

Cara Ampuh Usir Kumbang Kayu

Beberapa cara dibawah ini terbukti ampuh dan aman untuk dicoba, berikut cara alami atasi kumbang kayu:

1. Pastikan Kayu Kering

Baca Juga  Hal-hal Yang Mengundang Datangnya Rayap

Kumbang kayu biasanya tertarik dengan kayu-kayu yang lembab atau memiliki kadar air. Maka, pastikan kayu yang ada di rumah Anda tidak kering. Anda dapat mengeceknya secara rutin. Biasanya kayu-kayu yang ada di sekitar kamar mandi lebih lembab dari kayu di area lainnya.

2. Tutup Celah Kayu

Jika Anda menemukan beberapa hama kumbang kayu beserta celah kecil disekitarnya, maka Anda dapat segera menutupnya. Hal ini bertujuan agar kumbang kayu tidak dapat berkembang biak di kayu rumah Anda.

3. Pisahkan Kayu yang Terinfeksi

Cara lain secara dua cara diatas yakni dengan membuang atau memisahkan kayu yang telah terserang kumbang kayu dengan kayu yang masih bagus. Tentunya cara ini bertujuan agar kumbang kayu tidak langsung menyebar ke area kayu lainnya.

4. Lapisi dengan Cat Anti Serangga

Ketika Anda ingin mengecat kayu di rumah Anda, maka Anda dapat memilih jenis cat kayu yang bersifat anti serangga. Dengan menggunakan cat ini, serangga akan menghindar dan tidak bersarang lagi di kayu rumah Anda.

5. Menggunakan Kamper

Kamper atau kapur barus terbukti ampuh mengusir serangga-serangga yangmenganggu di rumah, termasuk kumbang kayu. Caranya cukup mudah, yakni Anda hanya perlu meletakkan kamper di sekitar kayu yang dihinggapi kumbang kayu. Lalu, hama tersebut akan terganggu dengan bau kamper dan segera pergi dari kayu rumah Anda.

Selain cara diatas, masih banyak lagi cara-cara ampuh dan alami atasi hama kumbang kayu. Salah satu cara ampuhnya adalah dengan menghubungi jasa pembasmi hama berkualitas tinggi dan berpengalaman yakni FUMIDA. Dengan mengkonsultasikan kepada tim profesional FUMIDA, maka berbagai macam masalah hama pun dapat segera diatasi. Jika tertarik, segera kunjungi website resmi FUMIDA di www.fumida.co.id

Leave a comment

WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang