Blog

Tips-tips Mencegah Infestasi Rayap di Rumah

Tips-tips Mencegah Infestasi Rayap di Rumah

Serangga kecil ini hidup sangat dekat dengan kita. Di hari-hari biasa, kita mungkin sulit menemukannya, tapi jika musim hujan telah tiba, mereka akan terbang bergerombol di malam hari. Iya, laron dan rayap sebenarnya merupakan hewan yang sama. Laron adalah rayap dewasa yang punya tugas khusus untuk bereproduksi. Rayap dianggap sebagai hama karena suka merusak kayu meski itu bukan sepenuhnya salah mereka sebab makanan utama rayap adalah kayu. Tanpa kayu, mereka tidak akan bisa bertahan hidup. Nah, jika anda ingin tahu apa yang harus dilakukan untuk mencegah infestasi rayap di rumah, ikutilah tips-tips berikut ini:

Jaga rumah agar tetap kering

Rayap sangat menyukai kelembaban. Di habitat alaminya, rayap selalu mencari tempat-tempat yang bisa menyediakan kelembaban yang cukup. Jadi agar rumah anda tidak menjadi lingkungan ideal bagi mereka, buatlah ventilasi yang memadai. Dengan begini, udara tidak akan terjebak di dalam rumah dan menyebabkan akumulasi kelembaban. Saat ini juga sudah ada perangkat dehumidifier. Anda bisa memakainya untuk mengontrol tingkat kelembaban di dalam rumah. Kemudian jika anda selalu menyiram tanaman di sore hari, aturlah debit air agar tanah tidak terlalu basah. Tanda tanah terlalu basah adalah terbentuknya kubangan air. Jika dilakukan setiap hari, rayap pasti akan mendekat.

Tips-tips Mencegah Infestasi Rayap di Rumah 2

Bersihkan sarang rayap

Maksudnya disini bukan membersihkan sarang rayap yang berada jauh di dalam tanah, tapi yang berada di permukaan. Biasanya rayap suka membuat terowongan tanah ketika ingin mencari sumber makanan baru. Jika anda melihat struktur seperti gundukan tanah menjalar di tembok atau lantai, segera bersihkan. Jika dibiarkan, rayap bisa cepat mencapai perabotan kayu di rumah anda. Telat sedikit mereka akan segera bersarang di dalam kayu dan anda akan kesulitan membasminya sebab rayap suka menggerogoti kayu dari dalam.

Baca Juga  Jasa Anti Rayap di Pasar Minggu Jakarta Selatan

Kurangi pemakaian kayu

Material yang dipakai untuk membuat mebel bukan hanya kayu saja. Jadi jika anda tidak ingin direpotkan dengan masalah rayap, solusi termudah adalah dengan tidak memakai furniture kayu di rumah. Ada beberapa alternatif, misalnya saja stainless steel atau kaca. Sekalipun anda tetap menginginkan furniture kayu karena alasan estetika, sebaiknya kurangi jumlahnya. Dengan begini, resiko infestasi rayap bisa diminimalisir.

Tips-tips Mencegah Infestasi Rayap di Rumah

Beri furniture lapisan finishing

Zat yang dioleskan pada permukaan furniture bisa mencegah serangan rayap. Kekuatan serangga ini ada pada jumlah koloninya yang besar. Namun dalam jumlah kecil, rayap sebenarnya makhluk yang rapuh. Mereka bisa mati dengan zat kimia apa saja. Maka dari itu, sangat penting untuk melapisi mebel kayu dengan finishing khusus sebab rayap tidak suka dengan bahan kimia. Saat ini ada jenis cat kayu yang dirancang khusus dengan formulasi anti rayap. Dengan mengaplikasikannya pada furniture, serangan rayap bisa dihalau. Cat anti rayap memberikan perlindungan selama beberapa tahun. Anda bisa mengulangi pengaplikasiannya bila perlu.

Membuat bait station

Bait station merupakan struktur penangkal rayap yang biasanya dibenamkan ke dalam tanah. Ketika koloni rayap mendekat, alat ini akan mengalihkan mereka sehingga tidak mendekat ke bangunan. Di dalamnya terdapat zat-zat yang bisa menahan laju pertumbuhan rayap. Salah satunya adalah chitin inhibitor. Bahan ini bekerja dengan mencegah rayap kecil agar tidak berganti kulit. Ketika tahap pertumbuhan ini tidak dilalui, rayap-rayap kecil akan mati. Ini akan berdampak langsung pada populasi mereka. Namun tidak semua rayap terpengaruh oleh substansi ini sebab rayap yang sudah dewasa tidak melewati tahap ganti kulit, jadi perlu zat lain untuk membunuhnya, seperti metabolic growth inhibitor.

Leave a comment

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822 1123 1123
WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang