Blog

Tips Ampuh Mengusir Kecoa dari Rumah

Tips Ampuh Mengusir Kecoa dari Rumah

Infestasi kecoa bisa dideteksi dari kehadiran mereka di rumah. Kecoa biasanya suka bersembunyi, namun di waktu-waktu tertentu mereka akan keluar mencari makan. Serangan kecoa bisa mengancam berbagai barang di rumah sebab mereka memakan apa saja, termasuk buku, amplop, kain, wallpaper, dll. Ketika melihat beberapa ekor kecoa di rumah, anda patut curiga jika masih ada banyak lagi yang bersembunyi. Hewan ini juga tidak pilih-pilih tempat hidup. Anda bisa menemukannya di kamar, dapur, gudang, dll. Alasan mengapa kecoa dianggap sebagai ancaman adalah karena mereka merupakan host bagi berbagai bibit penyakit. Sama seperti tikus, kecoa juga suka tinggal di tempat-tempat kotor. Dari sana mereka akan membawa patogen yang bisa mengkontaminasi makanan anda di rumah.

Sarang kecoa

Goal utama dari proses pemberantasan kecoa adalah menginspeksi sarangnya. Membunuh kecoa satu persatu tidak efektif sebab serangga ini biasanya hidup dalam koloni besar. Dengan menemukan sarangnya, akan lebih mudah menyemprotkan insektisida atau bahan kimia lainnya. Namun untuk rumah yang besar, hal ini bisa sangat merepotkan. Anda perlu planning yang tepat agar kecoa bisa dibasmi dengan setuntas-tuntasnya.

Tips Ampuh Mengusir Kecoa dari Rumah 2

Mulailah dengan mencatat kapan anda melihat kecoa. Misalnya jika anda melihat kecoa hampir setiap hari di ruang kerja, kemungkinan besar sarang mereka berada di dekat sana. Catat juga petunjuk lain keberadaan kecoa, seperti kotoran dan telur mereka. Tidak perlu alat khusus untuk melakukan perburuan. Cukup dengan lampu senter anda sudah bisa melakukannya. Namun untuk tempat yang butuh pembongkaran, perkakas seperti bor dan gergaji mungkin diperlukan. Jika sudah menemukannya, ikuti langkah-langkah penanganan berikut ini:

Tingkatkan sanitasi

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memperbaiki sanitasi di dalam rumah. Ini merupakan faktor penting yang turut berkontribusi terhadap perkembangan kecoa. Mulai dengan membersihkan sisa-sisa makanan di sekeliling rumah. Berikutnya buat ventilasi yang cukup agar perputaran udara menjadi baik, sehingga interior tidak pengap. Mereka juga butuh air untuk hidup, jadi bocoran-bocoran pipa sebaiknya segera diperbaiki.

Baca Juga  Inilah Bahaya Menginjak Kecoa Tanpa Alas Kaki

Membuat barrier

Untuk menghindarkan benda-benda berharga dari kecoa, anda bisa memasang adhesive atau lem serangga di permukaan furniture. Alternatif lainnya adalah aerosol khusus yang bisa membuat permukaan mebel terasa licin. Dengan begini kecoa tidak akan bisa memanjat dengan mudah. Cara-cara seperti ini memang tidak fatal bagi kecoa, tapi bisa setidaknya menjauhkan mereka dari rumah. Kemudian, ada pula kapur serangga, salah satu yang paling populer adalah Kapur Bagus. Kapur ini bekerja dengan cara melumpukan fungsi saraf dari kecoa, sehingga mereka akan mati pelan-pelan. Tidak hanya kecoa saja, serangga lain juga menujukkan reaksi serupa. Soal efektivitas, Kapur Bagus bekerja dengan sangat baik, namun kekurangannya adalah anda harus siap mencorat-coret interior rumah.

Tips Ampuh Mengusir Kecoa dari Rumah

Memakai alat pengusir kecoa

Saat ini sudah tersedia perangkat elektromagnetik dan ultrasonic yang dipercaya bisa mengusir hama kecoa. Meski belum ada cukup riset untuk mendukung klaim tersebut, banyak orang sudah merasakan langsung manfaat dari perangkat tersebut. Cara kerjanya beragam, tapi secara umum mereka mampu mengganggu kecoa agar tidak betah di rumah. Untuk infestasi yang terlanjur parah, sebaiknya jadikan ini sebagai metode sampingan saja. Bagaimanapun juga kecoa merupakan hewan penjelajah. Jika hanya mengusir tanpa mengurangi populasinya, mereka akan datang lagi saat alat ultrasonic atau sejenisnya berhenti beroperasi.

Insektisida

Pengaplikasian insektisida yang efektif adalah di sarangnya langsung, bukan di tempat dimana anda menemukan kecoa berkeliaran. Selain itu cara ini juga lebih efisien dibandingkan menyebarkannya ke berbagai tempat. Jika anda masih kewalahan dengan masalah kecoa di rumah padahal sudah melakukan semua tips yang disarankan, segera hubungi kami lewat kontak yang tersedia.

Leave a comment

WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang