Blog

Fakta-fakta Seputar Kecoa si Hama Pengganggu 2

Fakta-fakta Seputar Kecoa si Hama Pengganggu

Beberapa orang biasa saja ketika melihat kecoa, sementara yang lainnya merasa sangat jijik, bahkan sampai menunjukkan reaksi ekstrim ketika melihat serangga ini terbang mendekati mereka. Tidak salah jika anda punya fobia berlebih dengan kecoa. Selain berbau menyengat, hewan ini juga kotor, sehingga bisa menjadi host untuk berbagai penyakit berbahaya. Mereka akan hinggap dimana saja, termasuk tempat kotor seperti limbah pembuangan dan got. Mereka juga hinggap di makanan tanpa peduli jika itu bisa mengancam kesehatan anda dan keluarga. Berikut ini adalah beberapa fakta mengejutkan yang perlu anda ketahui tentang hama pengganggu ini.

Kecoa bisa memakan kita ‘hidup-hidup’

Percaya atau tidak, ada beberapa spesies kecoa seperti Kecoa Amerika yang suka memakan bagian tubuh manusia. Mereka biasanya menggerogoti kuku dan rambut ketika kita sedang tidur, sehingga baru menyadarinya keesokan hari. Secara umum, kecoa tidak berbeda dari hama rumah lain. Mereka juga suka memakan sisa-sisa makanan, termasuk buku, lukisan, dan benda-benda yang terbuat dari kertas. Kesukaan mereka adalah makanan dengan kandungan protein dan kelembaban tinggi.

Tidak butuh hidung untuk bernafas

Berbeda dari kita yang memerlukan saluran pernafasan untuk bertahan hidup, kecoa punya sistem tuba yang disebut dengan trakea. Bagian ini terhubung dengan spiracle (lubang-lubang kecil) yang bisa menarik oksigen dan menyalurkannya ke seluruh tubuh. Ini secara tidak langsung meningkatkan kemampuan bertahan mereka.

Fakta-fakta Seputar Kecoa si Hama Pengganggu

Bisa dimakan

Anda mungkin akan jijik duluan ketika diminta mencicipi kecoa. Terlepas dari stigma yang dimiliki, faktanya kecoa memang bisa dikonsumsi, tapi bukan jenis yang sering kita temukan di rumah. Ada beberapa kecoa yang dibudidayakan secara profesional. Mereka diberi makan buah dan sayur. Nah, jenis kecoa inilah yang aman untuk dikonsumsi. Cara masaknya bermacam-macam, seperti digoreng, direbus, dan dipanggang.

Baca Juga  Inilah Alasan Nyamuk Suka dengan Bau Keringat Manusia

Hewan yang tangguh

Tidak ada yang menyangka jika serangga sekecil ini punya kemampuan luar biasa untuk bertahan hidup. Anda mungkin melihatnya rapuh, tapi kecoa bisa hidup tanpa udara selama lebih dari 40 menit. Mereka juga bisa menahan lapar selama sebulan penuh. Tidak cukup sampai disitu, hewan ini tidak akan mati bahkan ketika ditenggelamkan selama bermenit-menit. Dan yang lebih mencengangkan lagi, level toleransi mereka terhadap radiasi 15 kali lebih besar dari kita.

Pembawa penyakit

Fakta satu ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Kecoa bisa membawa 33 tipe bakteria dan 6 cacing parasit berbeda, belum lagi patogen. Inilah mengapa kecoa bisa menstimulasi asma bagi mereka yang menderitanya. Jika ada dari anggota keluarga punya gangguan asma serius, sebaiknya segera tuntaskan masalah kecoa di rumah karena hewan ini bisa memicu kekambuhan.

Fakta-fakta Seputar Kecoa si Hama Pengganggu 2

Berlari dengan sangat cepat

Ukurannya mungkin kecil, tapi kecoa merupakan pelari yang handal. Serangga berkaki enam ini bisa menempuh jarak 1,5 hanya dalam waktu satu detik. Maka tak heran, ketika melihat hewan ini di rumah, kita bisa kehilangan jejak jika tidak memperhatikannya baik-baik.

Tidak bisa terbang

Secara teknis mereka sebenarnya bisa terbang sebab serangga ini dilengkapi oleh sayap. Namun pada kecoa, sayap tersebut lebih sering dipergunakan untuk meloncat dari satu lokasi ke lokasi lain atau untuk menghindarkan diri dari predator. Selebihnya mereka lebih suka berlari dengan kaki mereka.

Nah, itu tadi beberapa fakta mencengangkan sekaligus ‘menjijikkan’ seputar kecoa. Karena alasan kesehatan, sebaiknya anda tidak membiarkan serangga satu ini bersarang di rumah. Infestasi kecoa merupakan hal yang sangat umum dan bisa dialami oleh siapa saja. Jika anda adalah salah satunya, silakan manfaatkan jasa pengendalian hama dari kami. Info lebih lanjut bisa didapatkan dengan menghubungi kontak yang telah kami sediakan.

Leave a comment

WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang