Blog

Wow, Ternyata Tikus Termasuk Hewan yang Memiliki Kecerdasan

Semua orang pasti mengenal hewan pengerat ini bukan? Yup, tikus merupakan hewan yang paling sering dimusuhi oleh manusia karena tabiatnya yang suka mencuri makanan bahkan merusak bagian-bagian dari rumah kita. Namun, ada sebuah fakta mengejutkan dari hewan pengganggu ini, ternyata mereka digolongkan kedalam hewan yang cerdas. Tidak hanya anjing, burung merpati, atau kucing saja yang memiliki kecerdasan namun ternyata hewan yang selalu di identikan dengan ‘ikon’ koruptor ini juga punya kecerdasan. Kok biasa sih? Silahkan simak ulasannya!

1. Tikus Mempunyai Penciuman Yang Tajam

Salah satu hal yang mendasari kemampuan tikus dalam mencuri makanan adalah karena memiliki kemampuan untuk membaui makanan yang sangat kuat. Dengan kemampuan tersebut, mereka mampu mendeteksi atau melacak dimana saja makanan itu tersedia dan bisa mereka ambil. Indra penciuman itu juga berguna untuk melacak tikus-tikus lain yang ada di lingkungan sekitarnya.

Dan yang paling unik adalah, tikus juga bisa membaui manusia, maka tidak mengherankan jika kita kesulitan menangkap tikus, karena mereka akan lari terbirit-birit jika teridentifikasi ada manusia yang hendak mendekatinya atau memburunya. Selain itu juga, tikus bisa mengendus sidik jari manusia dan mengenalinya melalui bekas minyak yang ditinggalkan pada sidik jari tersebut. Mungkin oleh manusia sendiri tidak akan kelihatan, tapi oleh tikus bisa terlacak.

Oleh karena itu, sangat disarankan ketika Anda memasang perangkap tikus sebaiknya menggunakan sarung tangan, karena mereka bisa mencium aroma manusia dari bekas sidik jari yang Anda tinggalkan sehinga kemungkinan mereka tidak akan terjebak oleh perangkap yang Anda pasang. Hewan ini cukup cerdas, namun kita selaku manusia tidak boleh kalah dari mereka.

2. Punya Kepekaan dan Insting yang Kuat Pada Perubahan Lingkungannya

Baca Juga  Cara Efektif Basmi Hama Wereng

Hewan ini dibekali oleh kepekaan terhadap setiap perubahan yang ada di lingkungannya. Mereka akan mudah curiga jika ada hal aneh yang terjadi di tempat yang biasa mereka kunjungi. Misalnya, ketika kita memasang perangkap tikus, jangan heran kalau ternyata tidak ada tikus yang mau memakannya. Sehingga Anda harus bersabarm sampai benar-benar si tikus nakal ini sudah merasa terbiasa dengan keberadaan perangkap tersebut dan pada akhirnya mereka akan mencoba memakannya.

3. Termasuk Pada Hewan Yang Gesit, Cekatan dan Lincah

Pergerakan si hewan pengerat ini sangat responsive, iya mampu melompat, memanjat, bergelantung, berlari dan mengendap-endap dengan sangat cekatan, lincah, dan gesit. Memang karakter tersebut sangat pantas mengingat hewan ini merupakan hewan yang kerap mencuri. Anda mungkin pernah menonton sebuah adegan film tentang seorang pencuri bukan? Ya gerakan tikus sangat mirip dengan gerakan pencuri professional.

4. Mampu Berkomunikasi Dengan Sesama Temannya

Bukan manusia saja yang dikategorikan sebagai makhluk sosial yang suka berkomunikasi, ternyata tikus pun memiliki hal yang sama dalam hal berkomunikasi. Tikus biasanya hidup berkelompok, mereka akan bekerja berdasarkan team, maka tidak mengherankan jika di dunia tikus juga mirip dengan dunia gangster pada manusia.

Mereka akan membuat batas wilayah tertentu agar diketahui oleh kelompok tikus pesaingnya. Batas wilayah tersebut biasanya akan ditandai oleh urine atau air kencing mereka. Mereka juga memerlukan berkomunikasi dengan sesama kelompoknya ketika akan melakukan sebuah operasi pencurian makanan, sehingga mereka akan bekerja sama dan mengerahkan kelompoknya untuk bersama-sama mencuri makanan milik manusia.

Jangan Biarkan Tikus Berkeliaran Di Rumah Anda

Banyak cara untuk mengusir dan membasmi tikus di rumah Anda, namun hal itu terkadang mengalami kebuntuan sehingga tikus-tikus ini tetap berkeliaran. Cara satu-satunya yang paling efektif adalah dengan memanggil jas apembasmi tikus FUMIDA. FUMIDA merupakan layanan professional yang siap membasmi tikus dan hama lainnya di rumah Anda. Segera hubungi FUMIDA melalui telp 021-29049130 atau melalui SMS/Whatsapp di 0822-1123-1123 supaya rumah Anda terbebas dari serangan hama tikus ini.

5/5 - (3052 votes)
Telp Sekarang 0822 1123 1123