Blog

Scabies, Tungau Pembuat Penyakit Kulit Mengerikan

Jika Anda sering merasa gatall yang tak tertahankan khususnya di malam hari, kemudian pada kulit Anda muncul ruam merah yang membentuk lingkaran sebaiknya Anda harus waspada dan lekas untuk memeriksakan ke dokter. Karena bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh tungau berbahaya yang menyebabkan Anda terkena penyakit kudis atau scabies.

Kudis merupakan nama penyakit kulit yang dalam istilah medis disebut dengan scabies merupakan salah satu penyakit kulit menular yang diakibatkan oleh adanya tungau kecil yang berkembang biak pada lapisan kulit manusia. Tungau-tungau ini biasanya akan tinggal di kulit manusia dan membuat terowongan untuk tempat mereka bertelur, dan hal inilah yang akan menyebabkan rasa gatal yang tak tertahankan dirasakan oleh si penderita.

Awalnya, penyakit kulit ini akan terlihat seperti jerawat, hanya berupa bintik kecil yang mengandung air atau bahkan juga mirip saat terkena gigitan nyamuk, hanya tampak seperti bentol kemerahan saja. Namun, saat malam hari, pasien yang terkena penyakit kudis ini akan merasakan gatal yang menyiksa. Biasanya rasa gatal tersebut akan terus berlanjut bahkan semakin kronis ditambah lagi dengan munculnya ruam merah yang berbentuk lingkaran.

Jika hal tersebut sudha terjadi, maka dapat dipastikan bahwa tungau yang ada pada kulit pasien sudah aktif berkembang biak. Ruam merah yang berbentuk lingkaran adalah terowongan yang dibuat oleh si tungau untuk menyimpan telur-telurnya. Terowongan tungau ini dibuat saat si betina pertama kali masuk kepermukaan kulit, kemudian mereka akan langsung membuat liang sebagai tempat untuk meletakkan telur nya. Rata-rata telur yang dihasilkan oleh tungau betina berjumlah 10-25 telur.

Cara Mengobati Penyakit Scabies

Scabies merupakan penyakit yang mudah sekali menular. Tungau scabies akan menular dengan adanya kontak fisik antara pasien penderita kudis atau scabies pada orang yang sehat. Selain kontak fisik, tungau-tungau ini bisa juga menular melalui barang-barang seperti handuk, kasur, bantal, sprei, dan lainnya. Maka tidak mengherankan jika dalam sebuah keluarga ada yang terkena penyakit kudis, maka dapat dipastikan seluruh anggota keluarga lainnya juga akan berpotensi terkena penyakit ini juga.

Baca Juga  Bahaya! Inilah 3 Penyakit Mematikan yang Disebabkan Oleh Tikus

Untuk mengobati kudis, Anda bisa langsung menghubungi dokter spesial kulit. Biasanya mereka akan memberikan obat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Obat yang diberikan biasanya obat penghilang rasa gatal dan salep pembunuh tungau. Selain berobat ke dokter kulit, sebenarnya Anda juga bisa melakukan pengobatan sendiri dengan mebeli beberapa jenis obat dibawah ini ke apotik terdekat:

1. Salep Anti Scabies
Dengan menghubungi dokter, hal positif yang bisa Anda peroleh adalah mengetahui secara detail dan jelas mengenai penyakit kulit yang diderita. Dokter biasanya akan mengidentifikasi penyakit scabies dengan melakukan diagnosa kepada pasien terlebih dahulu. Beberapa hasil diagnosa yang menunjukan pada penyakit kudis diantaranya adalah munculnya ruam berbentuk lingkaran yang menimbulkan rasa gatal yang amat sangat pada siang maupun malam hari, namun pada malam hari biasanya rasa gatal akan semakin menjadi. Jika Anda merasa yakin bahwa penyakit kulit yang diderita adalah penyakit kudis scabies, maka Anda bisa melakukan pengobatan mandiri dengan membeli salep anti tungau seperti scabimite. Ingat, salep anti jamur seperti kalpanax, salep 88, dll tidak akan bisa menyembuhkan penyakit kudis ini.

2. Obat Penghilang Rasa Gatal
Salep anti scabies bisa membunuh tungau dewasa, namun telur-telur tungau biasanya ada yang mampu bertahan sehingga menetas kembali menjadi tungau dewasa. Penggunaan salep anti scabies ini harus Anda lakukan secara rutin sampai tidak ada tungau yang tersisa pada kulit Anda. Sementara untuk menghilangkan rasa gatal, Anda bisa mengonsumsi obat anti gatal seperti obat alergi, namun hal tersebut harus dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Beberapa obat alergi memiliki efek samping pada orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu, termasuk untuk Ibu hamil dan menyusui, penggunaan obat ini harus dalam pengawasan dokter. Obat alergi seperti CTM bisa digunakan untuk mengurangi rasa gatal, obat ini sama sekali tidak menyembuhkan penyakit kudis atau scabies. Jadi, jika Anda hanya mengonsumsi obat ini tanpa dengan mengoleskan salep anti tungau, hal tersebut sia-sia saja.

Baca Juga  7 Cara Tepat Usir Tungau di Rumah

Basmi Tungau Sampai Tuntas

Untuk menghindari penyakit scabies, maka Anda harus senantiasa menjaga kebersihan rumah. Bersihkan seluruh kasur, sofa, sprei, dll dan jemur dibawah terik matahari. Namun, untuk memastikan agar tungau benar-benar bisa musnah, sebaiknya Anda menghubungi FUMIDA. FUMIDA memberikan layanan jasa pembasmian tungau secara menyeluruh serta hama-hama pengganggu lainnya. Hubungi FUMIDA melalui nomor 021-29049130 / 0822-1123-1123. Semoga Tungau dirumah Anda musnah, dan Anda terhindar dari penyakit kudis ini.

Leave a comment

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822 1123 1123
WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang