Blog

Scabies, Penyakit Kulit Menyeramkan Akibat Tungau


Mungkin diantara pembaca pernahkah merasakan gatal-gatal yang amat sangat mengganggu pada anggota tubuh bahkan disekujur tubuh. Dan setelah Anda memperhatikan, maka nampak pada permukaan kulit tersebut adanya ruam yang cukup besar dan membentuk seperti terowongan? Jika anda menemukan gejala tersebut sebaiknya berhati-hati, karena dipastikan penyakit kulit tersebut adalah Scabies dan akan menular dengan cepat ke orang-orang sekitar Anda. Penyakit ini juga tidak mudah sembuh bahkan ruam pada kulit akan bernanah, sehingga butuh penanganan intensif untuk penyakit ini.

Penyebab Penyakit Scabies

Penyakit Scabies dikenal juga sebagai penyakit gudik atau kudis. Penyakit ini diakibatkan oleh tungau yang bernama sarcoptes scabiei dan akan menyebabkan kondisi kulit menjadi gatal yang amat sangat. Nama penyakit ini diambil dari bahasa kata ‘scabere’ yang merupakan bahasa latin dengan arti menggaruk.

Tungau-tungau ini akan masuk ke lapisan bawah kulit Anda dan berkembang biak disana, merek biasanya masuk ke dalam kulit manusia untuk bersarang dan bertelur sehingga menyebabkan adanya ruam yang ebrbentuk seperti terowongan. Karena hal tersebut itulah kulit Anda akan terasa sangat gatal. Bahan rasa gatal tersebut akan semakin menjadi ketika malam hari.

Tungau penyebab scabies ini mampu berada dalam kulit selama dua bulan dan terus akan bereproduksi sehingga akan lahir tungau-tungau muda lainnya. Sehingga, jika tidal segera diatasi maka dipastikan Anda akan berurusan dengan penyakit ini sepanjang
tahun. Oleh sebab itu, sebagian orang menyebut penyakit ini sebagai penyakit menyeramkan.

Penyakit Scabies atau kudis merupakan penyakit menular yang penyebarannya sangat cepat. Tungau-tungau kecil ini akan menyebar dari kulit ke kulit biasanya melalui kontak fisik secara langsung antara penderita dengan calon korban baru. Jika Anda terkena penyakit ini, maka sebaiknya Anda harus menjaga agar tidak melakukan kontak fisik dengan siapapun karena khawatir tungau pada kulit Anda akan menyebar pada kulit orang lain.

Baca Juga  Bahaya Kutu Busuk atau Tumila Bagi Manusia

Tungau yang menyebabkan penyakit scabies ini memiliki ciri fisik berkaki delapan dan berukuran miskropkopis sehingga tidak bisa dilihat secara langsung melalui mata telanjang dikarenakan hewan ini sangat kecil. Biasanya, tungau betina akan membuat sebuah saluran di bawah kulit yang mirip dengan terowongan untuk dijadikan sebagai tempat bertelur bagi mereka.

Setelah telur-telur tungau ini menetas, larva tungau akan bergerak menuju permukaan kulit untuk menjadi tungau dewasa sehingga siap untuk menyebar ke bagian kulit lainnya atau ke kulit orang lain melalui kontak fisik yang dilakukan oleh korban. Tungau, telur, serta kotoran yang ada pada kulit akan menyebabkan alergi dan membuat si penderita menjadi gatal-gatal.

Cara Mencegah Terjadinya Scabies

Cara ampuh agar kita terhidanr dari penyakit scabies adalah dengan cara menjaga diri dan lingkungan rumah supaya tidak terpapar tungau jenis sarcoptes scabiei ini. Tungau ini juga biasanya akan bersarang pada tempat tidur maupun sofa. Sebaiknya Anda menjemur kasur dan sofa secara rutin dibawah terik matahari, karena biasanya tungau akan mati dengan panas yang cukup tinggi. Anda juga bisa membersihkan semua pakaian serta barang-barang pribadi lainnya secara rutin dan menjemurnya.

Cara yang paling efektif untuk menjaga agar Anda dan anggota keluarga lainnya terhindar dari scabies adalah dengan membersihkan seluruh rumah Anda secara komprehensif dari hama tungau. Anda bisa menghubungi jasa penanggulangan hama tau pest controll FUMIDA untuk membasmi tungau jenis scabies ini. Silahkan hubungi FUMIDA untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada nomor hp 0822-1177-1166 atau layanan telp rumah 021-29049130. Semoga Anda terhindar dari penyakit scabies yang menyeramkan ini.

Leave a comment

WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang