Blog

7 Cara Tepat Usir Tungau di Rumah

7 Cara Tepat Usir Tungau di Rumah

Tungau adalah hewan tak kasat mata yang mirip seperti kutu dan suka bersarang di beberapa perabotan rumah seperti kasus, karpet dan sofa. Ketika tungau sudah mulai menjangkit kulit manusia maka hal ini dapat menyebabkan gejala gatal-gatal yang sangat menganggu. Maka dari itu, jika Anda mendeteksi keberadaan tungau di beberapa perabotan rumah, pastikan Anda segera membasminya dengan cara yang tepat.

Tungau-tungau tersebut sangat kecil dan tidak bisa dilihat oleh mata maka perlu dilakukan cara khusus untuk membasminya, salah satunya yakni dengan menyemprotkan insektisida atau beragam bahan kimia lainnya. Namun, tentunya hal ini dapat mempengaruhi kesehatan diri.

7 Cara Usir Tungau dengan Alami tanpa Bahan Kimia

Menjaga kebersihan rumah memang sangatlah penting, terutama bagian kasur dan sofa. Berikut cara aman dan tepat usir tungau yang ada di perabotan rumah:

1. Menjemur Perabotan Rumah

Langkah mudah pertama yakni dengan menjemur perabotan rumah tepat di bawah sinar matahari terik. Karena tungau lebih tertarik dengan tempat yang lembab, maka setelah dijemur dibawah terik matahari tungau-tungau akan pergi meninggalkan perabotan rumah Anda.

2. Cuci Dengan Air Panas

Mencuci perabotan rumah dan barang disekiarnya dengan air panas. Seperti setelah menjemur kasur, maka pastikan Anda mencuci seprei dengan air panas yang berfungsi untuk mengusir tungau sehingga tidak bersarang kembali di kasur atau perabotan rumah lainnya.

3. Campuran Bawang

Bawang putih dan bawang merah dapat segera Anda haluskan menggunakan blender lalu oleskan campuran bawang putih dan merah tersebut ke bagian yang kira-kira terdapat tungau seperti di sudut kasur, di atas permukaan karpet atau di beberapa celah pada sofa Anda.

4. Spray Larutan Garam

Baca Juga  Ini Dia Alasan Kecoa Lebih Suka Tinggal di Dapur

Membuat spray larutan garam sangatlah mudah. Hanya dengan mencampurkan garam dan air lalu semprotkan ke permukaan perabotan rumah yang Anda curigai terdapat tungau. Tunggu beberapa jam dan tungau pun akan kabur bahkan mati setelah terkena sprat arutan garam tersebut.

5. Semprot Cuka

Selain garam, Anda juga dapat menggunakan larutan cuka. Cara pembuatannya pun mirip dengan pembuatan larutan garam. Namun, untuk semprotan cuka Anda tidak perlu mencampurnya dengan air. Jadi masukkan cuka ke dalam botol dan semprotkan. Setelah menyemprotkan cuka, maka tungau beserta telurnya pun akan dapat segera teratasi.

6. Minyak Lavender

Seperti yang kita tahu, lavender memiliki aroma yang harum dan disukai manusia. Namun, minyak lavender tidak disukai tungau dan dapat menyebabkan tungau-tungau pergi dan tidak mau bersarang lagi di perabotan Anda. Maka, Anda dapat mencoba menyemprotkan minyak tersebut ke area yang mungkin terjangkit tungau dan tungau pun akan kabur dengan sendirinya.

7. Daun Sirsak

Daun dan buah sirsak terkenal dengan beragam khsiat yang dimiliki. Kali ini, daun sirsak memiliki peran penting dalam mengusir tungau yakni dengan cara meletakkan beberapa helai daun sirsak di tempat yang terkena tungau dan tungau pun tidak akan berani bersarang lagi lalu pergi.

Selain bahan-bahan diatas masih banyak lagi bahan alami yang dapat Anda gunakan seperti minyak pohon tehn, bunga pandan, bunga lavender dan masih banyak lagi. jika tungau tetap tidak mau pergi, maka Anda harus segera menghubungi jasa pembasmi hama FUMIDA yang ada di kota ini.

Jasa FUMIDA ini adalah jasa pembasmi hama berkualitas tinggi yang akan siap membantu dan memberikan solusi tepat masalah hama yang menjangkit rumah, lahan atau tanaman Anda. segera kunjungi websitenya di www.fumida.co.id untuk informasi lebih lengkap.

Leave a comment

WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang