Blog

Cara Mengendalikan Hama Burung Yang Tepat

Cara Mengendalikan Hama Burung Yang Tepat

Padi merupakan salah satu jenis tanaman yang paling banyak ditanam di Indonesia. Hal ini karena tanaman padi memproduksi beras yang dibutuhkan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia. Maka, pentingnya menjaga dan merawat tanaman tersebut hingga dapat memproduksi hasil panen yang sempurna.

Namun, kendala utama yang dihadapi para petani padi yakni banyaknya hama yang menganggu. Salah satunya yakni hama burung. Burung-burung ini akan terbang dan hinggap di tanaman padi untuk memakan tanaman tersebut sehigga tanaman padi lemah atau rusak. Lalu, bagaimana cara mengendalikan hama burung dengan tepat?

Cara Tepat Kendalikan Hama Burung

Selain menggunakan orang-orangan sawah, terdapat beragam cara lain untuk membasmi hama burung yakni sebagai berikut.

1. Perangkap Jaring

Perangkap jarring merupakan salah satu metode tepat pengendalian hama burung yang banyak digunakan oleh para petani. Cara yang satu ini terbukti efektif karena jarring perangkap burung tidak hanya membuat burung takut dan menghindar tetapi juga dapat memerangkap burung tersebut.

2. Layang-Layang Burung

Fungsi layang-layang burung juga mirip seperti orang-orangan sawah. Layang-layang burung dibuat mirip dengan burung yang berukuran besar, seperti burung elang untuk menakuti burung sawah.

3. Membuat Kincir Angin Kaleng

Kincir angina kaleng dapat dibuat dengan sederhana yakni menggunakan barang-barang bekas yang ada. Lalu, letakkan kincir angin kaleng disekitar area sawah yang sering didatangi burung. Dengan begitu, kincir angina kaleng akan mengeluarkan suara-suara yang dapat menakuti burung sehingga mereka tidak akan mendekati area sawah lagi.

4. Rendaman Jengkol

Sebagian orang mungkin sangat menyukai jengkol dan sebagian lainnya mungkin sangat tidak menyukai jengkol. Namun, yang pasti jengkol juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir hama burrung yakni dengan cara menggunakan air rendaman jengkol dan letakkan di beberapa botol di pinggir sawah. Dengan begitu, burung-burung akan menghindar akibat bau menyengat dari air rendaman jengkol tersebut.

Baca Juga  Pengertian dan 5 Manfaat Fumigasi Bagi Manusia

5. Plastik Mengkilap atau Kepingan CD

Penggunan plastic mengkilap atau kepingan CD merupakan cara yang sangat mudah dna juga efektik. Dua hal ini berfungsi sangat baik pada siang hari karena plastik mengkilap dan CD bekas dapat memantulkan cahaya matahari sehingga burung-burung merasa silau dan akan segera menjauhi area persewahan tersebut.

Itulah tadi beberapa cara efektif untuk mengendalikan hama burung pada tanaman padi. Tentunya masih banyak cara lain yang dapat digunakan untuk mengusir hama burung seperti dengan menggunakan pestisida atau insektisida. Namun, perlu diingat bahwa jika hal tersebut mengandung bahan kimia maka perhatikan cara pakai dan efek sampingnya terhadap tanaman padi.

Jasa Pembasmi Hama FUMIDA

Lalu bagaimana jika hama padi tidak hanya burung saja namun juga terdapat beberapa hama lainnya? Anda tidak perlu panik khawatir, terdapat sebuah jasa pengendali hama yang telah berpengalaman dan berkualitas tinggi dalam menangani masalah hama yakni FUMIDA.

FUMIDA menawarkan jasa basmi hama yang didapat dari tim yang profesional dan handal dibidangnya. Jasa pembasmi hama ini juga merupakan salah satu jasa terbaik dan terpercaya karena telah mendapat izin resmi dari dinas kesehatan sehingga ampuh dan juga aman untuk tanaman padi Anda. Untuk masalah biaya, FUMIDA juga tidak memasang harga yang tinggi.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan jasa FUMIDA maka segera hubungi call center FUMIDA di kota Anda dan konsultasikan masalah hama yang terjadi pada tanaman Anda. Selain itu, untuk informasi lebih lengkap, silhkan kunjungi website resmi FUMIDA di www.fumida.co.id

Leave a comment

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822 1123 1123
WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang