Blog

Basmi Ulat Daun Secara Efektif Tanpa Bahan Kimia

Basmi Ulat Daun Secara Efektif Tanpa Bahan Kimia

Dalam membudidayakan tanaman, pasti akan terdapat beragam jenis hama yang menyerang tanaman tersebut. Salah satu hama yang merugikan yakni ulat daun. Sesuai dengan namanya, ulat daun umumnya menyerang daun muda yang ditandai dengan adanya kerutan pada daun, bentuk daun yang bergulung atau keriting atau memiliki bekas-bekas gigitan tertentu di permukaan daun.

Tahukah Anda bahwa ulat daun tidak hanya memakan dan merusak daun tersebut tetapi juga dapat berpotensi menyebarkan virus penyakit yang dapat membuat tanaman jatuh sakit bahkan mati. Lalu, bagaiman solusi tepat untuk mengatasi hama ulat daun tersebut? Berikut beberapa cara alami yang tidak menggunakan bahan kimia sehingga hama dapat segera diatasi dan tidak memberikan efek samping pada tanaman.

Cara Efektif Basmi Hama Ulat Daun Tanpa Bahan Kimia

Pestisida atau insektisida berbahan kimia memang dapat membasmi hama-hama seperti ulat daun, namun biasanya dengan takaran yang berlebihan atau penggunaan yang terus menerus, pestisida berbahan kimia ini berpotensi meninggalkan efek samping terhadap tanaman. Berkut beberapa cara efektif dan alami untuk menangani masalah hama ulat daun.

1. Ekstrak Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan dapur dengan beragam manfaat. Tidak hanya menambah cita rasa, namun bawang putih juga berfungsi sebagai bahan alami penangkal hama seperti ulat, wereng dan lain sebagainya.
Cara membuat ekstrak bawang putih yakni dengan mencampurkan air dan bawang putih yang telah dihaluskan dengan sabun cuci piring. Saring lalu simpan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke bagian tanaman yang dimakan ulat daun.

2. Larutan Air Garam

Sama halnya dengan bawang, garam juga merupakan salah satu bahan yang wajib ada di dapur. Selain itu, garam juga dapat berperan sebagai bahan alami pembasmi ulat dan hama serangga menganggu lainnya. Hanya dengan melarutkan garam ke dalam air hangat lalu dinginkan dan siap disemprotkan ke tanaman yang terinfeksi hama.

Baca Juga  Waspada, Ternyata Diare Bisa Berakibat Kematian

3. Sabun Cuci Piring dan Minyak Sayur

Bahan dapur lain yang tidak kalah berkhasiat dan efektif untuk membasmi ulat daun yakni dengan mencampurkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan 1 sendok makan minyak sayur beserta 100 ml air. Aduk dan kocok hingga seluruh bahan menyatu dan masukkan kedalam botol untuk disemprot ke tanaman.

4. Air Jeruk

Bahan dapur selanjutnya yang terbukti ampuh yakni dengan menggunakan perasan air jeruk. Langkah pertama yakni dengan merebus 1L air lalu masukkan sekitar 300 gr kulit jeruk, bisa juga menggunakan jeruk lemon. Setelah itu tinggal angkat lalu tunggu beberapa saat hingga dingin dan pestisida alami pun siap digunakan.

Itulah tadi beberapa cara efektif yang alami dan berasal dari bahan-bahan dapur yang murah dan mudah dibuat untuk membasmi hama ulat daun. Jika setelah mencoba langkah-langkah diatas namun hama yang datang tetap tidak bisa diatasi dan makin banyak, maka Anda perlu mengkonsultasikan hal ini kepada ahlinya seperti FUMIDA. Jasa yang ahli dalam bidang pembasmian hama.

FUMIDA sudah mengabdi selama lebih dari 10 tahun dan telah membantu banyak konsumen dengan memberikan pelayanan yang berkualitas tinggi untuk menangani beragam kasus hama baik di rumah, lahan maupun tanaman Anda. Jika Anda tertarik untuk menggunakan jasa ini, Anda dapat mendapatkan info lebih lanjut dengan mengunjungi website resmi FUMIDA di www.fumida.co.id

Leave a comment

WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang