Blog

Tips Dan Trik Atasi Kutu Daun Secara Alami

Tips Dan Trik Atasi Kutu Daun Secara Alami

Pernahkan Anda melihat tanaman hias Anda rusak akibat hama serangga? Mungkin saja tanaman Anda rusak akibat hama serangga yang menyerang daun yakni biasa disebut dengan kutu daun. Selain itu, tidak hanya tanaman hias saja, kutu daun juga suka menyerang tanaman buah-buahan, sayuran dan berbagai jenis tanaman lainnya.

Kutu daun merupakan serangga yang memiliki tubuh yang sangat kecil layaknya kutu pada umumnya dengan panjang sekitar 3mm. Warnanya juga bermacam-macam, mulai dari cokelat, hitam, hijau, merah atau kuning. Anda dapat menemukan kutu daun sedang menggerogoti tanaman Anda di bagian bawah daun atau akar tanaman.

Tahukah Anda bahwa selain menggunakan insektisida, kutu daun juga dapat dibasmi dengan bahan alami yang murah dan gampang dibuat. Berikut beberapa cara alami basmi kutu daun.

Tips Alami Atasi Kutu Daun

Terdapat 5 cara alami yang dapat Anda coba untuk membasmi kutu daun pada tanaman Anda secara alami, efektif dan aman. Berikut caranya:

1. Semprot Air secara Rutin

Cara paling mudah pertama yakni dengan menyiapkan air didalam botol semprot. Lalu, bawa tanaman ke luar ruangan dan semprot dengan air seluruh bagian tanaman. Jika Anda lakukan secara rutin, maka kutu daun pun akan segera pergi dari tanaman Anda.

2. Air Cabai dan Bawang

JIka kutu daun masih juga menempel pada tanaman Anda, maka Anda dapat mencoba cara yang kedua yakni dengan mencampur bawang dan cabai yang telah dihaluskan dengan air. Lalu, cukup semprotkan air cabai dan bawang tersebut ke area yang di hinggapi kutu daun.

3. Menggunakan Kepik Dewasa

Selain dengan menyemprot, Anda juga dapat mencoba cara lain yakni dengan melepaskan predator alami kutu daun. Setiap malam, setelah Anda menyiram tanaman, Anda dapat meletakkan kepik dewasa di tanaman Anda, lalu kepik tersebut akan langsung memangsa kutu daun. Bahkan, satu kepik dewasa dapat menghabiskan sekitar 1000 kutu daun dalam sehari.

Baca Juga  4 Penyakit Berbahaya Yang Diakibatkan oleh Gigitan Nyamuk

4. Memangkas Daun yang Terserang

Jika Anda mendapati sebagian tanaman Anda telah terserang kutu daun dalam jumlah yang sangat banyak. Maka, Anda dapat segera memangkas bagian tersebut sebelum hama menyebar ke area lain.

5. Larutan Sabun

Untuk membuat larutan sabun ini juga sangat mudah. Langkah pertama yakni dengan mempersiapkan 2 hingga 3 sendok sabun cair seperti sabun cuci piring. Lalu, siapkan botol semprot yang telah diisi air hangat dan campurkan dengan sabun cuci piring dengan cara dikocok.

Setelah itu, Anda hanya perlu menyemprotkan larutan sabun cair ke tanaman yang terinfeksi kutu daun. Sabun cair ini memiliki zat yang dapat membuat kutu daun mengering. Selain itu, sabun cair juga bersifat aman bagi tanaman, jadi penggunaannya tidak akan menimbulkan efek samping.

Itulah tadi beberapa tips dan trik alami basmi kutu daun di tanaman hias. Selain cara diatas, tentunya masih banyak cara lain yang dapat Anda coba, seperti dengan berkonsultasi langsung kepada jasa pembasmi hama yakni FUMIDA. Dengan lebih dari 10 tahun pengalaman menangani masalah hama, FUMIDA kini telah hadir di banyak kota besar di Indonesia dan siap memberikan serta membantu Anda menangani masalah hama yang membandel.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan jasa FUMIDA, segera kunjungi website resmi FUMIDA di www.fumida.co.id dan dapatkan contact person masing-masing kota agar dapat langsung berkonsultasi dengan tim profesional FUMIDA.

Leave a comment

WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang