Blog

Cara Pengendalian Hama Padi yang Tepat dan Aman

Cara Pengendalian Hama Padi yang Tepat dan Aman

Tanaman padi merupakan salah satu tanaman penting karena nantinya dapat menghasilkan beras sebagai makanan pokok sehari-hari. Dengan begitu, para petani padi sangat berhati-hati dalam merawat padi karena hal tersebut dapat mempengaruhi proses panen. Salah satu masalah yang sering dialami oleh para petani dalam merawat tanaman padi yakni ketika hama mulai datang menyerang.

Hama-hama padi sendiri sangat beragam jenisnya dan jika tidak cepat dibasmi maka akan berdampak sangat buruk pada tanaman padi. Selain itu, dalam menangani hama padi, para petani juga harus lebih berhati-hati karena hal ini juga dapat mempengaruhi hasil padi nantinya.

Pengendalian Hama Tanaman Padi yang Tepat dan Aman

Dalam menangani hama padi pastikan Anda menggunakan cara yang tepat dan aman agar hama tidak datang kembali menyerang tanaman dan kualitas tanaman padi juga tetap dapat terjaga sehingga masih aman untuk dikonsumsi. Berikut beberapa cara tepat dan aman yang dapat Anda lakukan.

1. Memberi Jarak Ketika Menanam Padi

Ketika sedang melakukan proses penanaman padi, biasanya para petani akan memberikan jarak antarra satu tanaman dan tanaman lainnya agar tidak terlalu berdekatan. Pemberian jarak ini berfungsi untuk mencegah tanaman padi dari munculnya hama wereng yang lebih mudah timbul jika padi ditanam dengan jarak yang terlalu dekat.

2. Melepaskan Hewan Pemakan Hama

Selain itu, para petani juga biasanya akan menyiapkan beberapa hewan khusus untuk membasmi hama secara alami. Beberapa hewan yang dilepas seperti laba-laba untuk memakan wereng dan walang sangit hingga ular untuk mengusir tikus sawah yang sangat mengganggu.

3. Memasang Orang-Orangan

Tentunya orang-orangan sudah tidak asing lagi ditemukan di beberapa area persawahan. Orang-orangan sawah ini berfungsi untuk mengusir atau menakuti burung yang suka singgah dan mengganggu tanaman padi atau jagung para petani.

Baca Juga  Nyamuk, Efek Buruk yang Tidak Se Kecil Bentuknya

4. Pemberian Pupuk dengan Bakteri Anti Hama

Jika cara-cara diatas masih belum bisa menangani masalah hama pada tanaman padi, maka saatnya bagi Anda untuk mencampur pupuk yang sudah Anda siapkan untuk tanaman padi Anda dengan bakteri khusus yang tidak hanya dapat memberikan nutrisi tetapi juga menyediakan proteksi lebih bagi tanaman padi dari serangan hama.

5. Pemberian Pupuk dan Insektisida Kimia yang Berlebihan

Pupuk dan insektisida memang baik untuk pertumbuhan tanaman, namun jika Anda memberikan terlalu banyak pupuk dan insektisida terhadap tanaman padi maka haasil yang didapat malah sebaliknya. Jadi, pastikan Anda memberikan pupuk ataupun insektisida sesuai anjuran yang telah diberikan.

6. Menggunakan Jasa FUMIDA

Selain beberapa cara diatas, Anda juga dapat mempercayakan solusi atas masalah hama pada tanaman padi Anda melalui jasa pembasmi hama dengan kualitas terbaik yaitu FUMIDA. Berikut beberapa alasan penting mengapa Anda perlu berkonsultasi dengan FUMIDA:

• FUMIDA merupakan perusahaan pembasmi hama yang berkualitas tinggi dan bergaransi sehingga memiliki izin resmi dari Dinas Kesehatan.

• FUMIDA telah menangani beragam kasus hama selama lebih dari 10 tahun. Jasa pembasmi hama FUMIDA juga ditangani dengan petugas yang handal dan berpengalman sehingga hama dapat dibasmi hingga tuntas.

• Kini FUMIDA sudah buka dibeberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dll. Untuk informasi lebih lanjut

Itulah tadi beberapa cara ppengendalian hama padi yang tepat dan aman. Pastikan Anda membasmi hama padi sampai tuntas sehingga dapat mendapatkan hasil panen yang berkualitas.

Leave a comment

WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang