Blog

Mengenali Karakteristik Rayap Tanah

Mengenali Karakteristik Rayap Tanah

Serangan rayap bisa membawa kerugian yang sangat besar. Tak heran, serangga satu ini dikategorikan sebagai hama. Di belahan dunia manapun, kehadiran rayap dianggap sebagai hal yang serius. Ini pula yang mendasari pemilik rumah melakukan tindakan preventif dengan membuat termite barrier ketika mereka hendak membangun rumah. Dari semua jenis rayap, rayap tanah merupakan salah satu ‘pembawa petaka’ terbesar. Kerusakan yang ditimbulkan bisa sangat cepat, terlebih mereka bisa hidup dalam koloni beranggotan ratusan ribu ekor.

Mengenali Karakteristik Rayap Tanah

Rayap tanah terdiri atas beberapa golongan. Yang bertanggung jawab atas kerusakan mebel dan elemen kayu di rumah biasanya golongan rayap pekerja karena mereka yang menggerogoti kayu untuk mencukupi kebutuhan koloni. Makanan utama mereka adalah selulosa yang terkandung di dalam kayu. Jangan tertipu dengan nama rayap ini. Hanya karena disebut rayap tanah, bukan berarti kehidupan mereka terisolasi di dalam tanah. Bagaimanapun juga rayap butuh makan, jadi tetap harus menggali ke luar untuk menemukan sumber makanan. Dalam hal ini, perabotan kayu di rumah anda adalah sasarannya.

Mengenali Karakteristik Rayap Tanah 3

Membangun sarang dari tanah

Berbeda dengan rayap kayu kering yang membuat sarang dengan melubangi kayu, rayap tanah menghabiskan waktu mereka di dalam tanah. Hanya saja, jika mereka perlu bermigrasi ke tempat lain, mereka akan membentuk terowongan yang terbuat dari tanah, partikel kayu, saliva, dan kotoran. Terowongan tersebut berfungsi sebagai proteksi karena rayap tanah sangat sensitif terhadap kondisi kering.

Ciri fisik

Sebuah koloni terdiri atas beberapa golongan rayap. Ratu rayap merupakan bagian terpenting sebab tugasnya adalah untuk bertelur dan memperbesar ukuran koloni. Ratu rayap bisa memproduksi lebih dari 2 ribu telur perharinya. Dengan tubuh yang begitu besar, praktis sang ratu mengalami kesulitan bergerak. Kebutuhan makanannya akan dipenuhi oleh rayap pekerja. Rayap pekerja punya ciri fisik warna keputihan dan tubuh bertekstur lembut. Tugasnya adalah membangun sarang termasuk mengumpulkan selulosa dari dalam kayu.

Baca Juga  Mengenali Karakteristik Rayap Kayu Kering

Tidak hanya ratu, kebutuhan makan seluruh koloni juga diurus oleh golongan ini, termasuk nimfa-nimfa yang baru lahir. Sementara itu, golongan rayap tentara punya ciri fisik berupa capit keras di bagian depan. Mereka adalah benteng pertahanan pertama terhadap serangan pengganggu, jadi wajar jika golongan ini punya senjata memaikan.

Mengenali Karakteristik Rayap Tanah 2

Golongan lainnya adalah swarmer, tugasnya adalah untuk reproduksi. Rayap tidak hanya memperluas koloni di satu lokasi saja. Dengan adanya swarmer, mereka bisa menginvasi area yang lebih luas. Swarmer punya 2 pasang sayap. Mereka biasanya keluar ketika musim kawin tiba. Setelah terbang beberapa saat, sayap tersebut akan lepas dari tubuh rayap. Swarmer yang telah mendapatkan pasangan akan kawin dan mencari lokasi baru untuk berkembang biak.

Bentuk kotoran berbeda dari rayap kayu kering

Infestasi rayap bisa dilihat dari ada tidaknya tumpukan kotoran di sekitar sarang mereka. Rayap kayu kering mudah dikenali dari kotorannya yang terlihat seperti pasir halus berwarna kecoklatan. Sementara itu, rayap tanah meninggalkan kotoran yang mirip seperti karton. Kotoran tersebut juga dipakai untuk membentuk terowongan tanah.

Masalah yang ditimbulkan

Meski punya peran dalam penguraian kayu, namun nyatanya rayap dianggap sebagai hewan merugikan karena memakan kayu yang masih utuh / dianggap berguna oleh manusia. Identifikasi rayap tanah sangat mudah dilakukan. Jika anda melihat gundukan atau terowongan tanah liat di atas tanah atau merayap di tembok, maka patut dicurigai jika itu merupakan sarang rayap tanah. Jika anda melihat tanda-tanda infestasi rayap di rumah, silakan hubungi kami agar segera bisa dicarikan solusinya.

Leave a comment

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822 1123 1123
WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang