Blog

Tips Memakai Perangkap Tikus Agar Efektif 2

Tips Memakai Perangkap Tikus Agar Efektif

Tikus merupakan hama yang keberadaannya dianggap sangat mengganggu. Tidak hanya di rumah saja, keberadaan tikus di lokasi perkebunan juga sangat merugikan sebab mereka bisa dengan mudah merusak hasil panen. Jumlah mereka juga meningkat secara drastis akibat kemampuan reproduksi yang tinggi. Nah, bagi anda yang punya masalah tikus di rumah, ada beberapa metode yang bisa dicoba. Salah satu yang paling aman adalah dengan memakai perangkap tikus. Cara ini aman karena tidak melibatkan zat kimia yang bisa mencemari lingkungan. Ikuti tips-tips berikut ini jika anda ingin memakai perangkap tikus.

Sesuaikan dengan keparahan infestasi

Jika ada banyak tikus bersarang di rumah, maka jumlah perangkap tikus juga perlu lebih banyak. Ini untuk memperlambat laju pertumbuhan mereka sebab tikus berkembang dengan sangat cepat. Jika hanya memakai satu atau dua perangkap, anda akan kewalahan. Namun jika yang berkeliaran hanya sedikit, jumlah tersebut sudah cukup.

Letakkan di tempat yang banyak tikusnya

Meski di rumah ada banyak tikus, bukan berarti mereka akan menempati setiap ruangan. Tempat favorit tikus biasanya adalah tempat yang jauh dari aktivitas manusia, seperti atap rumah. Lokasi lain yang mungkin ada banyak tikusnya adalah gudang. Tikus biasanya meninggalkan kotoran mereka di tempat yang sudah dianggap sebagai sarang. Jadi jika anda melihat banyak kotoran tikus di sebuah tempat, maka fokuskan penyebaran perangkap disana.

Tips Memakai Perangkap Tikus Agar Efektif

Letakkan di dekat tembok

Tikus punya kebiasaan berjalan mengikuti tembok agar tidak mudah terdeteksi. Oleh sebab itu, peletakan perangkap tikus juga sebaiknya menempel di tembok. Dengan begitu, tikus akan mudah melihat benda tersebut dan masuk ke dalamnya.

Pasang di pekarangan

Sebelum masuk ke rumah, tikus adalah hewan tanah yang membuat sarang di dalam tanah. Ketika menemukan peluang untuk masuk ke rumah, beberapa mungkin akan menetap, sementara yang lainnya akan bolak-balik ke sarang. Inilah mengapa sangat penting untuk memasang perangkap tikus di pekarangan rumah sebab mereka juga berkeliaran disana. Letakkan di bawah rerimbunan pohon atau pipa sebab mereka suka lewat di tempat-tempat seperti ini.

Baca Juga  Mengenali Karakteristik Rayap Kayu Kering

Jangan buru-buru menyingkirkan perangkap

Jangan hanya karena gagal mendapat tikus setelah 1-2 hari anda jadi menyingkirkan perangkap dari tempat asalnya. Perlu diketahui, tikus merupakan hewan pemalu. Mereka cenderung enggan mendekat ke sebuah objek jika belum merasa aman. Oleh sebab itu, jangan buru-buru mengambil kesimpulan bahwa di tempat tersebut tidak ada tikusnya sebab mungkin saja mereka belum berani menampakkan diri. Sebaiknya tunggu hingga satu minggu. Jika tidak ada tikus yang tertangkap, silakan pindahkan ke lokasi lain.

Tips Memakai Perangkap Tikus Agar Efektif 2

Kombinasikan dengan rat attractant

Rat attractant merupakan sejenis gel yang punya kandungan untuk merangsang tikus agar mau mendekat. Biasanya di dalam produk ini terdapat senyawa yang bisa mempengaruhi perilaku tikus. Ini bisa menjadi solusi untuk menjaring tikus dalam jumlah besar. Namun begitu, anda tetap harus menyediakan lebih banyak perangkap sebab rat attractant yang tidak dilengkapi dengan jumlah perangkap yang cukup tidak akan efektif.

Kombinasikan dengan racun tikus

Racun tikus sebenarnya tidak perlu berdampingan dengan perangkap tikus agar bisa bekerja. Beberapa orang lebih suka menyebar racun tikus karena dinilai lebih efektif dalam membasmi tikus. Namun kekurangannya adalah racun tikus bisa membuat bangkai tikus berserakan dimana-mana. Bagi yang rumahnya besar, membersihkan bangkai akan menjadi PR baru setelah menyebarkan racun di berbagai tempat. Namun untuk infestasi yang sangat besar, racun tikus tetap lebih efektif karena bisa memutus siklus hidup tikus dengan lebih cepat. Racun tikus tersedia dalam bentuk serbuk, umpan siap makan, dll. Pelajari cara kerjanya sebelum anda menggunakannya.

Leave a comment

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822 1123 1123
WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang