Blog

Cara Membasmi Lalat Rumah 2

Cara Membasmi Lalat Rumah

Membasmi lalat rumah adalah tugas yang berat sebab serangga ini mampu bergerak dengan sangat cepat. Perlu metode-metode yang tepat agar populasi mereka bisa ditekan. Selain itu, lalat juga punya kemampuan reproduksi yang tinggi. Jadi ketika sudah musimnya, jumlah mereka bisa berlipat-lipat dari biasanya. Bagi anda yang sedang punya masalah lalat di rumah, berikut ini adalah beberapa cara mengatasinya:

Lem serangga

Cara ini sudah ada sejak lama dan dinilai cukup efektif untuk mengontrol populasi lalat. Silakan beli lem serangga di toko terdekat, lalu gelar di tempat yang ada banyak lalatnya. Di atasnya isi sedikit makanan yang bisa menstimulasi indra penciuman lalat seperti ikan teri asin, keju, atau yang lainnya. Dalam beberapa jam perangkap tersebut akan penuh oleh lalat. Bahkan bukan tidak mungkin hewan lain seperti cicak dan tikus juga ikut terjebak sebab lem yang dibubuhkan benar-benar lengket. Untuk menghindari anda menjebak hewan yang tidak diinginkan, perhatikan lagi lokasi peletakan perangkap tersebut.

Perangkap botol

Pertama-tama anda harus mempersiapkan beberapa botol bekas yang terbuat dari plastik. Anda bisa memakai botol air mineral atau minuman bersoda, tapi sebaiknya pilih yang ukurannya besar seperti 1,5 atau 2 liter agar lalat yang terperangkap bisa lebih banyak. Setelah itu potong sepertiga bagian botol dari tutupnya, sementara 2/3 sisanya akan dijadikan badan perangkap. Nah, setelah botol terpotong menjadi dua, balikkan bagian 1/3 kepala tadi ke bawah.

Cara Membasmi Lalat Rumah

Jadi nanti bagian tersebut akan masuk ke dalam botol. Ini fungsinya adalah agar lalat tidak mudah melarikan diri ketika sudah masuk ke dalam botol. Setelah itu, isi botol dengan makanan apapun yang lalat sukai, seperti gula cair atau madu. Jika di sekitar ada banyak semut, lingkari sisi-sisi botol dengan kapur anti serangga agar semut tidak masuk. Jika sudah, tunggu sampai banyak lalat yang masuk, setelah itu anda bisa membasmi mereka dengan insektisida atau zat lainnya.

Baca Juga  Ramuan Jitu Pembasmi Ulat Grayak

Campuran sabun dan cuka sari apel

Campuran ini bisa dimasukkan pada perangkap botol di atas, tapi anda juga bisa memasukkannya ke dalam mangkok agar lebih mudah membersihkan. Caranya adalah, siapkan mangkok ukuran sedang atau besar. Lalu masukkan campuran cuka sari apel dan 2-3 sdm gula, hingga kedalaman mencapai 1 cm. Jangan lupa tambahkan sabun yang beraroma buah agar lalat rumah mau mendekat. Campuran bahan ini akan membuat lalat mati dengan cepat ketika memakannya.

Cara Membasmi Lalat Rumah 2

Memakai tanaman

Setiap serangga biasanya punya jenis tanaman yang dibenci. Hal yang sama juga berlaku untuk lalat. Jika anda ingin menjauhkan mereka dari rumah, sebaiknya pelihara beberapa tanaman berikut ini di pekarangan rumah. Yang pertama adalah basil. Ini mirip dengan kemangi, tapi bentuk daunnya sedikit berbeda. Tanaman ini bisa berkembang di berbagai kondisi cuaca. Yang kedua adalah daun salam. Daun salam merupakan rempah yang sangat populer untuk masakan Indonesia, jadi mencari bibitnya tidak susah sama sekali. Silakan tumbuhkan beberapa di pekarangan rumah. Tanaman lain yang juga dibenci lalat adalah lavender. Bukan hanya lalat saja, nyamuk pun membenci tanaman ini.

Aromanya yang harum menjadikannya pilihan yang tepat untuk mengusir serangga. Selain lalat menjauh, rumah anda juga jadi semerbak. Herbal berikutnya adalah daun mint. Sama seperti lavender, mint juga kerap dipakai sebagai aromaterapi karena wangi dan punya efek menenangkan. Dengan menanamnya di pekarangan rumah, lalat akan merasa terganggu dan akhirnya menjauh. Kombinasikan semua tanaman ini untuk hasil yang lebih efektif.

Leave a comment

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822 1123 1123
WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang