Blog

5 Cara Membasmi Rayap Sampai Tuntas


Setiap orang pasti pernah punya masalah dengan rayap di rumah nya masing-masing. Agar rumah kita tidak dimasuki dan dirusak rayap, tentu saja hal yang paling utama adalah dengan merawat dan membersihkannya secara rutin. Sebenarnya, merawat rumah memiliki cukup banyak cara dan akan tergantung dari bahan atau material dari rumah itu sendiri. Jika rumah Anda menggunakan banyak material dari kayu, baik untuk eksterior maupun sebagai interiornya, hal itu tentu memerlukan perawatan yang cukup intens dan serius.

Untuk negara Indonesia yang beriklim tropis, semua jenis material yang terbuat dari kayu punya musuh besar kelas wahid, yaitu: rayap. Anda akan memiliki masalah yang sangat serius dengan rayap jika tidak memperhatikan perawatan pada rumah Anda. Tapi Anda tidak usah khawatir lagi, karena kali ini kami akan mengulas 5 cara membasmi rayap sampai tuntas sehingga mereka akan kapok untuk kembali lagi, sehingga rumah Anda pun akan terbebas dari hama rayap ini.

Melindungi Bahan Yang Terbuat Dari Kayu Dari Rayap

Eksterior maupun interior yang terbuat dari kayu memang salah satu tempat favorit rayap untuk bersarang dan memakannya sampai habis. Untuk mecegah hal itu agar tidak terjadi, Anda bisa menggunakan minyak tanah untuk melindunginya. Caranya adalah dengan menyemprotkan atau mengoleskannya pada bagian yang dimakan oleh rayap. Namun, cara yang sangat ampuh tentunya dengan menggunakan cairan anti rayap. Silahkan semprotkan pada semua material yang terbuat dari kayu  seperti kusen, bagian rangka atap, dinding maupun lantai kayu.

Rayap Sangat Menyukai Tempat Yang Lembab

Tempat yang lembab dan gelap merupakan habitat yang disukai oleh rayap untuk membuat sarang. Perabotan yang terbuat dari kayu akan memberikan efek lembab jika tidak terpapar oleh sinar matahari sehingga akan keropos dan dimakan rayap. Untuk mencegah hal itu, silahkan jemur semua perabotan yang terbuat dari kayu secara rutin paling tidak seminggu sekali. Dengan begitu, perabotan Anda akan awet dan terhindar dari rayap, karena mereka tidak menyukainya lagi. Anda juga dapat memperbanyak jendela dan ventilasi supaya sinar matahari dapat masuk kedalam rumah serta membuat sirkulasi udara rumah Anda menjadi lebih baik.

Baca Juga  Jasa Anti Rayap di Bekasi

Mengenali Karakteristik Rayap Tanah3. Rutin Untuk Merapikan Rak Buku Anda

Bagi seseorang yang memiliki hobi membaca dan punya cukup banyak koleksi buku di rumahnya, harus hati-hati jika jarang membersihkannya secara rutin. Karena, selain bahan yang terbuat dari kayu, rayap juga sangat menyukai material yang berupa kertas, karena memang kertas juga menggunakan serat kayu sebagai komposisi utamanya. Kami menyarankan agar Anda secara rutin untuk membersihkan rak serta buku-buku yang ada didalamnya agar rayap tidak membuat sarang di tempat tersebut.

4. Ramuan Herbal Untuk Membasmi Rayap

Selain jeni obat-obatan kimia, ternyata rayap juga bisa diusir dengan ramuan dari beberapa jenis herbal lho. Salah satu ramuan yang cukup ampuh untuk digunakan sebagai obat pembasmi rayap rayap adalah air cucian beras. Caranya sangat mudah, Anda cukup menyiramkan air cucian beras ke tempat yang ditinggali oleh rayap.  Selain air cucian beras, Anda juga bisa menggunakan minyak jeruk dan  air kapur sirih. Caranya hampir sama dengan cara diatas yaitu dengan menyemprotkan pada tempat yang ditinggali oleh rayap.

5. Gunakan Jasa Pest Control Secara Rutin

Jika Anda serius ingin mengusir rayap dari rumah Anda tapi tidak ingin repot dengan berbagai cara diatas, maka Anda bisa menghubungi layanan atau jasa pest control (kontrol hama) untuk membasi rayap di rumah Anda sampai tuntas secara profesional. Setidak nya Anda bisa menggunakan jasa pest control selama 3-4 bulan sekali, agar rumah Anda benar-benar bebas dari gangguan hama rayap ini.

Salah satu layanan pest control yang terpercaya dan profesional adalah FUMIDA. Anda bisa menghubunginya melalui situs pestcontroljakarta.com atau melalui layanan telp 021-29049130 / 0822-1177-1166

Itulah 5 cara ampuh untuk membasmi rayap di rumah Anda sampai tuntas. Selamat mencoba.

Leave a comment

WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang