Blog

Perbedaan Efek Hama dan Penyakit Bagi Tanaman

Perbedaan Efek Hama dan Penyakit Bagi Tanaman

Bagi yang sudah berkecimpung di dunia pertanian sejak lama, mungkin sangat mudah menganalisis apakah tanaman mereka terkena hama atau penyakit. Jika dikarenakan oleh hama, bagaimana penanggulangannya. Dan jika masalah itu berasal dari penyakit, obat atau pestisida apa yang seharusnya digunakan.

Perbedaan Mendasar Hama dan Penyakit

Hasil dari kerusakan yang didapatkan tanaman oleh hama dan penyakit tidak jauh berbeda. Sehingga terkadang kita sulit untuk mengidentifikasi sebab dari kerusakan tanaman yang kita dapati. Apalagi jika kita baru saja berkecimpung di dunia pertanian.

Untuk mengindentifikasi saja sulit, bagaimana dengan penanggulangannya. Karena salah penanggulangan juga berakibat merusak tanaman tersebut. Sebelum lebih jauh alangkah baiknya kita mengerti dasar perbedaan antara hama dan penyakit.

Apakah kalian sudah mengerti perbedaan antara hama dan penyakit?. Jika kalian belum mengerti perbedaan dari keduanya, inilah perbedaan antara hama dan penyakit pada tanaman.

1.      Secara visual

Perbedaan yang paling dasar antara hama dan penyakit bisa dibedakan secara pengelihatan. Pengelihatan disini berarti bagaimana kita melihat bentuk dari hama dan penyakit

  • Hama

Hama dapat dengan mudah kita lihat dengan mata telanjang. Bentuknya yang masih tergolong normal untuk mata manusia dapat melihat karena secara umum hama datang dari golongan hewan dan serangga.

Contoh paling familiar yang biasa kita temui di area pertanian atau perkebunan adalah belalang, tikus, ulat, burung, dan masih banyak lagi.

  • Penyakit

Jika hama dapat dengan mudah kita lihat dengan mata telanjang, sebaliknya dengan penyakit. Secara visual kita sangat sulit mengidentifikasi tanpa alat, seperti mikroskop. Penyakit tetap memiliki bentuk secara fisik tetapi manusia tidak bisa melihat.

Dikarenakan yang menyebabkan penyakit itu ada antar lain adalah virus dan bakteri. Itulah mengapa kita harus membutuhkan alat bantu.

Baca Juga  Hal-hal Yang Bisa Membunuh Rayap

2.      Efek pada tanaman

Selain secara visual, yang membedakan hama dan penyakit pada tanaman dapat dilihat dari dampak atau reaksi yang diterima oleh tanaman.

  • Hama

Biasanya tanaman yang mendapat serangan hama mudah dilihat secara fisik. Mulanya ada kerusakan secara fisik yang dialami tanaman, walapun hanya terjadi kerusakan kecil tetapi bertahap. Karena jika tanaman mendapat serangan dari hama, tidak seketika itu juga tanaman mati, melainkan membutuhkan proses.

  • Penyakit

Berbeda dengan hama, tanaman yang mati karena serangan penyakit akan mati seketika itu juga. Tidak ada proses terlebih dahulu atau tanda-tanda secara fisik pada tanaman. Mungkin jika tanaman kalian tidak menampakan tanda-tanda perubahan buruk lalu tiba-tiba mati, bisa jadi itu dikarenakan penyakit.

3.      Penanggulangan

Beberapa teknik penanggulangan yang dilakukan ketika tanaman terserang hama atau penyakit.

  • Hama

Karena serangan terhadap hama lebih mudah untuk diketahui, terjadi secara bertahap, dan terlihat secara fisik. Maka cara penanggulangan hama terhadap tanaman lebih mudah dilakukan.

Misalnya yang sering kita temui di lahan pertanian. Jika banyak hama tikus di sekitar lahan maka pemilik lahan terkadang memelihara burung hantu sebagai predator tikus tersebut.

Atau yang paling klasik, ketika tanaman padi diserang burung pipit maka para petani membuat orang-orangan sawah yang bertujuan menakut-nakuti burung pipit.

  • Penyakit

Penanggulangan yang dilakukan ketika tanaman terserang penyakit lebih sulit dibanding dengan hama. Dibutuhkan pegetahuan, pengalaman, dan daya analisis yang baik. Karena setiap penyakit memiliki ciri dan pencegahan tersendiri ditambah tanda-tanda yang sulit dikenali.

Seperti yang telah ditulis, salah memilih cara atau obat untuk tanaman yang terkena penyakit berarti kalian mempercepat tanaman kalian mati.

Mungkin kalian masih masih ragu bagaimana harus bersikap terhadap tanaman yang mati karena penyakit. Solusinya kalian bisa gunakan jasa pembasmi hama FUMIDA. Karena langsung ditangani oleh para ahli yang handal dan professional.

Leave a comment

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822 1123 1123
WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang