Blog

Bagaimana Cara Mengetahui Keberadaan Kutu Busuk

Bagaimana Cara Mengetahui Keberadaan Kutu Busuk?

Kutu busuk merupakan hama pengganggu yang menjengkelkan sebab mereka mengganggu kenyamanan kita secara langsung. Kutu busuk hidup dengan mengkonsumsi darah, sehingga anda harus siap dengan serangan mereka setiap malam. Sebelum melakukan pembersihan, ada baiknya anda melakukan inspeksi untuk mengetahui apakah masalah serangga di rumah disebabkan oleh kutu busuk atau yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa tanda keberadaan kutu busuk di rumah:

Bercak darah

Mengetahui infestasi kutu busuk bisa dibilang susah-susah gampang. Penyebabnya adalah serangga ini biasanya aktif pada malam hari ketika kita sedang terlelap tidur. Jadi untuk mengetahui apakah di kamar anda ada kutu busuknya, perlu pemeriksaan menyeluruh. Tidak hanya di kasur saja, tapi juga di bagian-bagian tersembunyi lainnya. Kutu busuk biasanya meninggalkan noda bercak darah berbentuk lingkaran di tempat mereka makan. Noda tersebut bisa terbentuk saat anda tidak sengaja menggencet tubuh mereka.

Kotoran

Sebagai makhluk hidup yang punya metabolisme, kutu busuk juga secara konstan mengeluarkan kotoran mereka. Tanda seperti ini tidak hanya berlaku untuk kutu busuk saja, tapi juga spesies hama lain. Kotoran kutu busuk biasanya berwarna kemerahan, sementara bentuknya seperti titik-titik kecil. Selain sisa metabolisme, benda lain yang juga kerap mereka tinggalkan adalah kulit mati yang berwarna kuning pucat.

Bagaimana Cara Mengetahui Keberadaan Kutu Busuk 2

Tempat bersembunyi kutu busuk

Meski mereka selalu mendekat saat malam tiba, namun di siang hari kutu busuk lebih suka bersembunyi di tempat yang gelap dan jauh dari jangkauan kita. Proporsi tubuh mereka sangat kecil, memudahkan mereka untuk nyelip dimana saja. Mulailah dengan lipatan kasur sebab ini merupakan tempat yang ideal bagi mereka. Jika anda selalu bangun dengan ruam merah di kulit, maka anda patut curiga jika penyebabnya adalah kutu busuk. Segera lepas sprei kasur karena ini akan memudahkan proses pencarian.

Baca Juga  Hama Ini yang Membuat Harga Cabai Melonjak

Lakukan pemeriksaan ke semua sisi kasur, termasuk bagian bawah yang jarang kita lihat. Untuk kasur yang punya resleting, biasanya tipe kasur spons, anda juga bisa memeriksa sampai ke dalam. Siapa tahu ada banyak kutu busuk bersarang disana. Jika tidak ada jejak mereka, jangan berhenti dulu sebab kasur bukan satu-satunya tempat mereka bersarang. Kutu busuk bisa hidup dimana saja asalkan tempat tersebut gelap dan hangat. Sebaiknya lanjutkan penelusuran ke semua furniture di kamar, termasuk gorden, belakang lemari, dan elemen dekorasi lainnya.

Bagaimana Cara Mengetahui Keberadaan Kutu Busuk

Tindakan pembasmian

Sebagai Jasa Pest Control yang sudah berkompeten di bidang pembasmian hama, anda bisa mempercayakan masalah infestasi serangga di rumah kepada kami. Selain treatment profesional, perawatan lanjutan juga perlu dilakukan. Misalnya anda mendapati mereka bersembunyi di linen atau sofa, segera keluarkan dan carikan sinar matahari. Bila perlu semprotkan uap panas atau zat-zat yang bisa membunuh mereka. Namun yang perlu digarisbawahi, pembersihan seperti ini tidak bisa hanya dilakukan sekali saja. Kutu busuk biasanya hidup menyebar di dalam sebuah ruangan, jadi anda perlu melakukan pembersihan secara rutin untuk memutus rantai hidup mereka. Jika ini dilakukan jarang-jarang, masalah tersebut tidak akan pernah tuntas sampai kapanpun.

Tindakan pencegahan

Kutu busuk bisa bersembunyi dimana saja, bahkan koper-koper dan pakaian dalam anda. Inilah mengapa sangat penting untuk membersihkan barang yang anda bawa saat liburan ketika sampai di rumah. Segera saja cuci semuanya, takutnya anda membawa bibit kutu busuk dari luar. Kutu busuk merupakan hama yang sangat umum alias ada dimana-mana, jadi peluang penyebaran sangat tinggi terutama bagi mereka yang suka bepergian.

Leave a comment

WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang