Blog

Beragam Jenis Hama Tanaman dan Cara Membasminya

Beragam Jenis Hama Tanaman dan Cara Membasminya

Hama biasanya adalah berupa hewan yang bersifat merugikan bagi kegiatan sehari-hari manusia. Hal ini karena hama biasanya akan hinggap bahkan bersarang di perabotan atau tanaman kesayangan Anda sehingga dapat merusak bahkan membuat tanaman Anda mati.

Jika Anda sudah menemukan tanda-tanda hama yang hinggap di tanaman Anda, maka segeralah membasmi hama-hama tersebut sebelum tanaman menjadi rusak atau lebih parahnya lagi mati. Dari beragam jenis hama, terdapat beragam jenis pula cara khusus dan ampuh untuk mengusir hama-hama tersebut. Beberapa diantaranya dapat dijelaskan di paragraf di bawah ini.

Jenis-Jenis Hama Tanamanan dan Cara Membasminya

Sebelum Anda mengusir hama, ketahuilah dulu jenis-jenis hama tanaman dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut beberapa penjelasan singkat tentang hama tanaman:

1. Tikus

Salah satu hama paling dibenci yakni tikus. Selain itu, ada beragam jenis tumbuhan yang menyerang tikus, yakni tumbuhan padi, tumbuhan biji-bijian lainnya, tumbuhan muda dan lain sebagainya. Tikus juga akan selalu mencari celah untuk menggerogoti baik tanaman secara langsung maupun tempat penyimpanan tertentu.

Salah satu cara andalan yang dilakukan para petani untuk membasmi tikus yakni dengan mencari dan membokar tempat persembunyian tikus-tikus tersebut sehingga mereka tidak dapat bersembunyi dan menyerang tanaman lagi.

2. Walang Sangit

Selain tikus, walang sangit juga kerap menjadi hama tanaman padi yang sangat merugikan para petani. Walang sangit suka menghisap butir padi yang masih cair sehingga akan membuat kulit biji kehitaman dan tentunya mempengaruhi hasil panen.

Cara ampuh usir walang sangit yakni dengan rajin membersihkan daerah sekitar tanaman padi dari hama atau dengan melepaskan hewan pemburu walang sangit seperti laba-laba. Selain itu, penggunaan insektisida juga biasa digunakan untuk membasmi walang sangit.

Baca Juga  Mengerikan! Nyamuk ini Bisa Membuat Tubuh Anda Seperti Monster

3. Ulat

Pernahkah Anda mendapati tanaman Anda sudah tidak memiliki daun lagi atau mungkin daunnya memiliki beberapa lubang bekas gigitan? Hal itu terjadi karena adanya hama ulat yang menyerang daun tanaman Anda. Ulat biasanya akan memakan daun hingga hanya tersisa tulang dan rangkanya saja.

Lalu, bagaimana cara membasmi ulat tersebut? Caranya yakni dengan membersihkan daun dari telur-telur kupu-kupu yang mungkin saja menempel di daun tanaman. Selain itu, Anda juga dapatmelakukan persemaian tanaman dengan air yang cukup banyak. Cara lainnya yakni dengan menggunkan pestisida.

4. Wereng

Hama wereng juga merupakan salah satu hama populer dan sangat menganggu proses panen padi, jagung dan tanaman lainnya. Wereng biasanya akan memakan daun dan juga batang tumbuhan. Setelah itu, tanaman tersebut dapat berubah menjadi kering dan juga mati.

Salah satu cara ampuh usir tuntas wereng juga hampir mirip dengan hama lainnya yakni dengan melepaskan predator wereng seperti laba-laba, kepik dan beragam hewan pemakan wereng lainnya.

Itulah tadi beragam jenis hama beserta cara membasminya. Jika hama sudah terlalu merajalela dan susah dikendalikan, maka sebaiknya Anda segera menghubungi jasa FUMIDA. Ahli pembasmi hama dengan kualitas tinggi yang siap membantu Anda menyelesaikan masalah hama apa saja yang ada di rumah, sawah maupun tempat lainnya.

Saat ini FUMIDA telah beroperasi di beragam kota-kota besar. Jika Anda membutuhkan jasa FUMIDA, maka Anda hanya perlu menghubungi customer service. Lalu sampaikan keluhan Anda dan petugas ahli akan langsung dikirimkan untuk membantu Anda membasmi hama tanaman dengan aman dan tepat.

Leave a comment

WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang