Blog

Jenis Pestisida Dan Fungsinya

Jenis Pestisida Dan Fungsinya

Terlepas dari pro dan kontra setiap ahli dan praktisi, para petani hingga sekarang masih sangat tergatung kepada pestisida demi memperlancar dan memaksimalkan tumbuh kembang tanamannya. Menggunakan pestisida dianggap lebih efisien dan lebih manjur ketimbang dengan cara lawas. Karena bagaimanapun petani tetap harus menimbang antara usaha dan keuntungan yang didapatkan.

Jenis-jenis Pestisida yang Sering Kita Jumpai

Pestisida merupakan zat kimia yang telah melalui beberapa proses dan berguna untuk mengusir hama. Kata pestisida yang disadur dari kata Bahasa Inggris yaitu pesticide yang berarti, pest itu hama dan sida itu aksi pemberantasan atau tindakan membunuh. Awal mula pestisida digunakan itu sekitar ribuan tahun yang lalu. Kala itu dimulai dengan cara menyebarkan sulfur di area pertanian.

Penggunaan pestisida sebetulnya tidak melulu untuk kepentingan pertanian dan perkebunan, banyak fungsi pestisida yang digunakan di luar untuk membantu pemberantasan hama tanaman. Dan setiap jenis pestisida juga memiliki fungsi masing-masing dalam mengusir hama. Beberapa jenis pestisida dan fungsinya yang sering kita jumpai di sekitar kita, antara lain:

1.      Insektisida

Jenis pestisida ini yang paling sering kita jumpai dan mungkin paling sering digunakan oleh petani. Fungsi dari jenis pestisida ini adalah untuk membasmi semua jenis serangga yang dianggap hama.

Cara kerja insektisida membasmi serangga yaitu dengan cara mengganggu dan merusak aktivitas biologis dari serangga. Seperti menyerang sistem pencernaan, menghentikan serangga untuk dapat berkembang biak, hingga merusak sistem hormon serangga. Efek dari insektisida terhadap serangga tentu saja mengakibatkan kematian pada serangga. Bisa secara seketika atau berproses, tergantung ketahanan serangga tersebut.

2.      Herbisida

Herbisida memiliki peran untuk membunuh gulma. Gulma merupakan tanaman yang tumbuh secara liar berdekatan dengan tanaman yang kita tanam dan berpotensi mengganggu. Sebetulnya tidak semua tanaman liar yang tumbuh berdekatan dengan tanaman kita itu berpotensi menjadi hama, tetapi sebagian besar memang mengganggu.

Baca Juga  3 Cara Menghindari Kontaminasi Bakteri Dari Lalat

Mengapa gulma mengganggu?. Karena ketika ada tanaman lain yang tidak kita inginkan berada berdekatan dengan tanaman yang kita tanam, maka di situ akan terjadi persaingan antar tanaman. Tanaman akan saling berebut cahaya matahari, air, unsur tanah, dan ruang tumbuh.

3.      Rodentisida

Fungsi jenis pestisida ini berfungsi untuk membunuh jenis hewan pengerat. Contoh hewan pengerat yang dikategorikan sebagai hama dan paling sering kita temui di Indonesia adalah tikus.

Sistem kerja rodentisida yaitu dengan cara merusak sistem pencernaan hewan pengerat. Efek yang diterima oleh hewan pengerat tidak seketika dirasakan, melainkan membutuhkan proses beberapa saat. Rodentisida ini juga berbahaya untuk jenis hewan mamalia seperti anjing dan kucing.

4.      Larvisida

Larvisida memiliki peran sebagai pembasmi larva yang hidup di sekitar tanaman. Larva dapat dikategorikan sebagai hama karena makanan dari larva adalah daun, dan tentu saja merugikan jika berada di sekitar tanaman.

Karena daun-daun pada tanaman akan menjadi rusak dan gugur, sehingga menghambat tumbuh kembang tanaman. Proses fotosintesis akan tidak terjadi sempurna jika tanaman tidak memiliki daun yang sehat.

5.      Nematisida

Nematisida yang membasmi nematoda atau lebih dikenal sebagai cacing gelang. Jenis cacing gelang sendiri itu ada jutaan spesies. Dan hampir semuanya merupakan jenis parasit, yang berarti tidak memiliki fungsi dan hanya merusak.

Nematoda merupakan hama bagi tanaman, terutama tanaman yang berejenis umbi-umbian seperti: bawang, wortel, singkong, dan ubi jalar. Karena nematoda merusak bagian umbi atau akar pada tanaman untuk dijadikannya makanan.

Untuk memilih jenis pestisida bagi tanaman kalian tentu saja diperlukan analisis terlebih dahulu dan tata cara pemakaian yang benar sehingga tidak merusak tanaman. Jasa pest control FUMIDA dapat membantu kalian dalam hal tersebut. Pastikan untuk menggunakan pestisida secara tepat dan aman dengan FUMIDA.

Leave a comment

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822 1123 1123
WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang