Blog

Dampak Negatif Pembasmi Hama Pestisida Berlebihan

Dampak Negatif Pembasmi Hama Pestisida Berlebihan

Ketika Anda sedang menghadapi masalah seperti hama yang membandel pada tanaman kesayangan Anda, maka salah satu solusi tepat dan mudah yakni denganmenggunakan pestisida. Obat anti hama ini terbukti ampuh usir hama mulai dari yang biasa hingga yang membandel. Hal ini karena pestisida dibuat khusus menggunakan campuran bahan kimia tertentu untuk mengusir beragam jenis hama.

Namun, tahukah Anda bahwa penggunaan pestisida yang berlebihan dapat menimbulkan dampak yang tidak baik bagi tumbuhan dan lingkungan sekitar. Maka, pastikan Anda menggunakan pestisida sesuai dengan anjuran yang telah diberikan. Lalu, dampak negatif apa saja yang ditimbulkan oleh pestisida yang berlebihan? Mari simak penjelasan berikut ini.

Efek Samping Penggunaan Pestisida Berlebihan bagi Tumbuhan

Terdapat beragam jenis efek samping atau kerugian yang ditimbulkan jika Anda menggunakan terlalu banyak pestisida untuk mengusir hama. Berikut beberapa dampak penting yang perlu Anda ketahui:

1. Terganggunya pertumbuhan tanaman

Pernahkan Anda mendapati tumbuhan yang tidak menunjukkan tanda pertumbuhan yang baik meskipun Anda telah memberikan nutrisi yang cukup? Jika Anda pernah mengalaminnya, maka kemungkinan hal ini disebabkan oleh terlalu banyaknya pestisida yang terkandung dalam tanaman Anda sehingga hal ini mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan.

Jika Anda tidak ingin tanaman kesayangan Anda tumbuh kerdil atau tidak normal maka periksa kembali takaran pestisida dan nutrisi yang Anda berikan kepada tanaman tersebut.

2. Merusak tumbuhan

Tentu saja sesuatu jika digunakan terlalu berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif. Salah satunya yakni dapat merusak tanaman yang sudah Anda rawat. Hal ini terbukti dari hasil beragam penilitian yang menunjukkan bahwa tanaman dengan pestisida rentan mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi seperti timbul bercak hitam pada daun atau pun perubahan warna daun dan beberapa kerusakan tumbuhan lainnya.

Baca Juga  Mengontrol Populasi Rayap Dengan Treatment Kimia

3. Biaya Tambahan untuk Merawat Tanaman Rusak

Dengan menggunakan pestisida, maka hama pun dapat berkurang. Namun, jika berlebihan, salah satu dampak negatif yang telah disebutkan sebelumnya yakni rusaknya tanaman. Lalu, jika hal tersebut terjadi, maka yang harus Anda lakukan adalah mengobati tanaman tersebut dari kerusakan yang terjadi. Terkadang kerusakan tersebut masih dapat ditangani dengan cara mudah dan simpel.

Namun, jika kerusakan yang terjadi sudah terlanjur parah, maka Anda perlu mengeluarkan biaya khusus untuk mengembalikan tumbuhan yang sudah rusak akibat penggunaan pestisida yang melebihi anjuran.

4. Menciptakan Hama Baru

Ketika hama mulai menyerang tanaman Anda dan pestisida yang diberikan sudah terlalu berlebihan, maka hama tentunya dapat dibasmi dengan tuntas. Namun, ada kemungkinan besar bahwa hama baru akan muncul akibat efek samping bahan kimia dari pestisida tersebut.

Jika, hama baru muncul maka kemungkinan hama tersebut akan kebal terhadap pestisida yang biasa Anda gunakan sehingga perlu penangan lebih lanjut untuk membasmi hama baru tersebut.

5. Mengkontaminasi Lahan Sekitar

Ketika Anda menyemprotkan pestisida secara berlebihan, maka kandungan yang berlebih tersebut akan menjangkau daerah sekitar tanaman. Lalu, lahan disekitar juga akan terkontaminasi dan menimbulkan efek negatif yang sama seperti yang terjadi pada tanaman yang rusak akibat penggunaan pestisida yang berlebihan.

Itulah beberapa dampak negatif penggunaan pestisida yang berlebihan yang perlu Anda ketahui. Agar hal ini tidak terjadi pada tanaman Anda, sebaiknya Anda segera mengkonsultasikan masalah yang terjadi kepada ahlinya yakni FUMIDA, perusahaan ahli basmi hama yang berpengalaman dan berkualitas tinggi yang siap membantu masalah Anda hingga tuntas. Segera kunjungin website resminya di www.fumida.co.id untuk informasi lebih lanjut.

Leave a comment

WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang