Blog

Dampak Buruk Dari Banyaknya Cicak Di Rumah

Dampak Buruk Dari Banyaknya Cicak Di Rumah

Rumah yang di dalamnya banyak terdapat cicak terkadang bukan menjadi masalah yang penting bagi penghuni rumah tersebut. Karena banyak orang mempercayai cicak itu reptil yang tidak memiliki dampat negatif terhadap manusia. Sehingga orang terkadang abai terhadap jumlah cicak yang semakin banyak menghuni rumah mereka. Padahal cicak sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Bagaimana bisa cicak berbahaya bagi kesehatan manusia? Dan dengan cara apa cicak melakukannya.

Bahaya Cicak Bagi Manusia

Semakin banyaknya cicak di dalam rumah justru lebih disyukuri oleh penghuni rumah karena cicak membantu rumah mereka terbebas dari nyamuk. Padahal banyaknya cicak di dalam rumah berarti menambah risiko bagipenghuni rumah tersebutakan terkena penyakit yang disebarkan cicak.

Cicak menyebarkan virus atau penyakit yang berbahaya bagi manusia melalui bakteri yang cicak bawa. Cicak membawa bakteri Escherichia coli atau lebih sering disebut dengan bakteri E.colidi dalam tubuhnya yang kemudian dapat membuat manusia terkena penyakit jika masuk ke dalam tubuh.

Bakteri E.coli itu ada dua jenis, Bakteri E.coli yang berbahaya dan tidak berbahaya bagi manusia. Di dalam tubuh manusia sebetulnya sudah terdapat bakteri E.coli yang berfungsi menjaga sistem pencernaan manusia. Namun bakteri E.coli yang terkandung di dalam cicak, ketika masuk ke tubuh manusia maka akan berubah menjadi virus yang akan mengganggu kesehatan manusia.

1.      Gangguan pencernaan

Cara cicak menyebarkan bakteri E.coli sehingga mengakibatkan manusia mengalami gangguan pencernaan adalah dengan memakan sebuah makanan yang kemudian makanan tersebut dikonsumsi oleh manusia.

Makanan berupa daging merupakan media yang paling berbahaya bagi penyebaran bakteri E.coli yang disebabkan oleh cicak. Gejala yang terjadi biasanya perut terasa mual yang disusul dengan muntah, dan hilangnya nafsu makan.

Baca Juga  4 Cara Mudah Mengusir Semut dari Rumah Anda

2.      Gangguan kemih

Penyebarannya masih sama seperti bagaimana manusia mengalami gangguan pencernaan yang di sebabkan tersebarnya bakteri E.coli di dalam tubuh melalui cicak.

Gangguan yang bisa berakibat infeksi pada saluran kemih ini biasanya menyerang bagian kandung kemih dan urtera. Dimulai dengan rasa demam dan buang air kecil yang terus menerus yang dapat berakibat menjadi dehidrasi.

Tingkat lanjutnya biasanya orang akan mengalami rasa sakit di bagian kelamin ketika buang air kecil dan selalu merasakan buang air kecil yang tidak tertahankan.

Cukup berbahaya bagi manusia bukan? Itulah sebabnya kita harus menjaga makanan kita selalu steril dari hewan apapun.

3.      Radang selaput otak

Bakteri E.coli yang mengakibatkan radang selaput otak lebih sering ditemui pada manusia dengan sistem imun lemah, salah satunya bayi. Jika menyerang bayi, dampaknya akan sangat berbahaya bagi tumbuh kembang bayi tersebut.

Dapat berakibat kejang dan hilangnya nafsu makan pada bayi. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi orang dewasa dan sehat yang sudah tentu memiliki sistem imun yang lebih kuat untuk terkena radang selaput otak akibat bakteri E.coli yang dibawa oleh cicak. Walaupun presentasenya lebih kecil dibanding dengan bayi.

4.      Gangguan pernafasan

Efek satu ini sedikit berbeda dari tiga efek sebelumnya, yang membuat berbeda adalah cara penyebarannya. Jika ketiga efek negatif sebelumnya tersebar melalui makanan yang manusia konsumsi, efek ini tersebar melalui hirupan udara.

Sisa air liur cicak yang tertinggal dan kemudian terhirup oleh manusia dapat berakibat terjadinya infeksi di bagian paru-paru. Gejala awal dari infeksi paru-paru biasanya adalah sulit bernafas, menggigil, dan tarikan nafas yang mendadak menjadi cepat dari biasanya.

Apakah masih menganggap remeh populasi cicak yang semakin meningkat di sekitar rumah kalian?. Jika merasa tidak tahu harus bagaimana untuk mengusir invasi cicak di rumah kalian, serahkan saja pada FUMIDA. Rumah anda dijamin terbebas dari cicak.

Leave a comment

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822 1123 1123
WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang