Blog

Inilah Tempat-Tempat Yang Sering Dijadikan Sarang Jentik Nyamuk


Semua orang pasti mengalami kesulitan bagaimana caranya untuk membasmi jentik nyamuk di rumah, karena nyamuk selalu datang lagi seolah tak ada habisnya. Namun, tahukah Anda ternyata ada tempat-tempat tertentu yang sering dipakai nyamuk sebagai sarang untuk bertelur, sehingga di tempat itu pasti akan banyak jentik nyamuk. Nah, jika sudha tahu tempatnya maka membasmi jentik nyamuk pun akan lebih mudah dan nyamuk dipastikan tidak akan banyak berseliweran di rumah Anda.

Mungkin anda pernah medengar istilah “3M” yang dulu sering muncul di televisi dalam iklan layanan masyarakat. Ya, 3M adalah program yang digalakan pemerintah untuk menjaga lingkungan dari perkembangan nyamuk. 3m sendiri merupakan singkatan atau kependekan dari:

  • Menguras bak atau tempat untuk penyimpanan air
  • Menutup bak atau tempat yang dijadikan sebagai penampungan air
  • Membuang sampah dan menutup barang bekas yang berpotensi bisa dijadikan sebagai tempat bersarangnya nyamuk

Selain 3M diatas, pemerintah juga menambahkan satu lagi jargon 1H atau kependekan dari Hindari kena gigitan nyamuk di siang hari (pagi dan sore).

Pemerintah sangat menaruh perhatian besar terhadap penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk, maka dengan cara membersihkan lingkungan seperti yang telah disosialisasikan dengan jargon 3M+1H diatas diharapkan masyarakat dapat menjaga lingkungan nya masing-masing dengan baik, sehingga tidak terkena penyakit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk.
Nah, untuk membasmi jentik nyamuk itu sendiri Anda bisa melakukannya dengan membersihkan beberapa tempat yang sering dijadikan nyamuk sebagai tempat untuk bertelur. Dibawah ini adalah tempat-tempat yang sering dijadikan sarang jentik nyamuk:

1. Dispenser

Tempat yang paling sering dipakai oleh kita tentu saja adalah dispenser! Pada dispenser biasanya terdapat wadah kotak untuk menaruh gelas saat kita akan mengambil air. Ketika air galon yang tumpah secara tidak sengaja kedalam wadah tersebut maka lama kelamaan akan tertampung disana dan tentu saja bisa dijadikan nyamuk sebagai sarang untuk bertelur. Oelh karena itu, Anda harus secara rutin membersihkan wadah pada bagian bawah dispenser tersebut.

Baca Juga  4 Penyakit Berbahaya Yang Diakibatkan oleh Gigitan Nyamuk

2. Vas Bunga

Jika di rumah Anda sering dipajang vas bunga untuk menghias rumah maka perlu berhati-hati lho. Ya, bunga segar yang ditaruh di dalam vas setiap beberapa hari sekali bisa menambah kesegaran di ruangan rumah Anda, selain itu rumah pun menjadi lebih cantik. Namun, vas yang diisi bunga segar biasanya sering diberikan air karena supaya bunganya tidak cepat layu.

Nah, disinilah letak masalah nya karena air dalam vas bunga yang lama mengendap bisa dijadikan sarang jentik nyamuk juga lho. Oleh sebab itu, agar jentik nyamuk ini tidak tumbuh menjadi nyamuk dewasa, sebaiknya Anda membuang dan mengganti air dalam vas bunga secara rutin.

3. Tempat Minum Hewan Peliharaan

Punya hewan peliharaan? Ya, bagi Anda yang memiliki hobi memelihara hewan seperti kucing, landak mini, hamster bahkan anjing juga harus lebih berhati-hati ya, jangan sampai Anda lupa untuk mengecek wadah air minum mereka, karena tempat tersebut bisa dijadikan juga sebagai tempat jentik nyamuk. Hewan peliharaan Anda kadang-kadang selalu menyisakan air di tempat minum mereka, dan jika di biarkan berhari-hari maka nyamuk pun akan bertelu disana.

Selain 3 tempat diatas yang paling berpotensi dijadikan tempat jentik nyamuk, masih banyak tempat-tempat lain juga yang sering dipakai nyamuk untuk berkembang biak misalnya ember penampungan air, bak mandi, akuarium, dll.

Basmi Nyamuk Sampai Tuntas Dengan FUMIDA

Jika Anda punya masalah dengan nyamuk dan tidak bisa diatasi, maka solusinya adalah FUMIDA. FUMIDA merupakan jasa pest controll untuk membasmi nyamuk dan serangga pengganggu lainnya seperti kecoa, rayap, semut, dll. Anda bisa menghubunginya melalui telp 021-29049130 atau melalui SMS/Whatsapp di 0822-1123-1123.

Leave a comment

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822 1123 1123
WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang