Blog

Inilah Fakta Unik Rayap Yang Mengejutkan Banyak Orang


Rayao merupakan serangga kecil yang bersifat mengganggu atau merusak. Mereka menyukai kayu untuk dijadikan sebagai sarang. Mereka biasanya akan menghuni tempat yang lembab dan gelap, karena sejatinya hewan ini sangat anti terhadap cahaya matahari dan tidak tahan dengan kondisi panas. Namun, apakah anda tahu bahwa dibalik bentuknya yang kecil ternyata rayap memiliki banyak fakta unik yang jarang diketahui manusia pada umumnya. Inilah fakta unik rayap yang mengejutkan banyak orang

1. Serangga pekerja 24 jam

Ya,rayap merupakan serangga yang selalu bekaerja selama 24 jam alias mereka tidak pernah tidur! Sepanjang hidupnya bmereka tak pernah beristirahat. Wow, sangat mencengangkan bukan? Siklus hidup mereka juga sangat panjang, berbeda dengan semut yang siklus hidupnya hanya beberapa bulan saja. Rayap mampu bertahan hidup selama 2 tahun. Jadi, jika rayap mulai menyerang bagian rumah Anda yang terbuat dari kayu, bersiaplah dengan resiko terburuk karena mereka bekerja dengan sangat gigih dalam waktu 2 tahun

2. Sebagai dekomposer

Selain sebagai hama mereka juga memiliki pernanan yang sangat penting yaitu sebagai dekomposer dalam ekologi. Ya, hal itu jelas berguna jika mereka tinggal di alam liar karena mereka bekerja untuk mempercepat proses penguraian dan daur ulang pohon yang membusuk dan mati yang kemudian akan menjadi tanah baru dan pada akhirnya akan melestarikan hutan yang menjadi ekosistem bagi seluruh hewan lainnya. Namun, apa jadinya jika mereka mendaur ulang kayu yang menjadi furniture rumah Anda? Sangat merepotkan bukan.

3. Ratu rayap tak pernah berhenti untuk bertelur

Setiap 15 detik sekali, ratu rayap akan mengeluarkan telur yang kemudian menjadi pupa rayap. Rata rayap bahkan bertelu sepanjang hidupnya alias tidak akan pernah berhenti sampai dia mati. Dalam kerajaan rayap, mereka akan membagi-bagi tugas tersendiri sesuai dengan jabatannya. Jabatan tertinggi adalah ratu rayap yang bertugas untuk menjaga koloni dengan cara terus bertelur selama hidupnya. Golongan kedua yaitu yang bertugas sebagai tentara atau rayap penjaga, dan yang terakhir adalah golongan rayap pekerja. Wah, sangat unik sekali bukan?

Baca Juga  Jangan Biarkan Lalat Hijau Hinggap di Makanan Anda

5. Serangga ‘silent destroyer’

Rayap merupakan serangga yang bekerja dan merusak tanpa kebisingan oleh karena itu mereka didaulat sebagai ‘insect of silent destroyer’atau serangga penghancur secara diam-diam. Hal tersebut sangat wajar sekali mengingat serangga ini akan menggerogoti dan menghancurkan seluruh perabotan di rumah kita yang terbuat dari tanpa sepengetahuan pemilik rumah. Perabotan yang dimakan rayap seolah-olah baik-baik saja jika dilihat dari permukaan, namun Anda akan terkejut setelah melakukan pengecekan, ternyata bagian dalam perabotan kayu Anda sudah dimakan oleh rayap.

Cara Membasmi Rayap Secara Tuntas

Untuk membasmi rayap agar tidak merusak rumah And sebenarnya banyak cara yang bisa Anda lakukan. Kebanyakan orang akan menggunakan kapur barus atau mengolesi solar pada perabotan mereka. Sebagian yang lain juga ada yang membasmi rayap dengan cara menjebak melalui media kardus yang dibasahi sehingga rayap-rayap akan bersarang disana.

Namun, jika cara-cara tersebut akan merepotkan dan tidak efektif bagi Anda, bahkan koloni rayap di rumah anda malah sudah semakin banyak, maka kami menyarankan kepada Anda sebaiknya menyerahkan urusan rayap ini kepada jasa pembasmi rayap atau anti-rayap.

Anda bisa menghubungi jasa pembasmi hama FUMIDA yang sudah ahli dan profesional dalam hal membasmi rayap. Silahkan konsultasikan permasalahan rayap di rumah Anda dengan menghubungi 021-29049130 / 0822-1177-1166. Semoga rumah Anda benar-benar terbebas dari kerusakan yang diakibatkan oleh hama rayap ini.

Leave a comment

WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang