Blog

Fakta Penting Walang Sangit dan Cara Membasminya

Fakta Penting Walang Sangit dan Cara Membasminya

Walang sangit adalah hama yang sering menyerang tanaman padi. Biasanya walang sangit akan menghisap cairan buah padi. Jika hal ini sudah terjadi, maka kemungkinan tanaman padi tersebut akan kehilangan unsur hara yang sangat penting bagi nutrisi tanaman padi. Pada akhirnya padi akan menjadi lemah bahkan mati.

Sebelum mengetahui cara-cara efektif basmi walang sangit, berikut beberapa fakta penting yang perlu Anda ketahui tentang Walang Sangit.

Fakta Penting Walang Sangit

Walang sangit berwarna cokelat keabuan dan tubuhnya berbentuk memanjang sekitar 2cm dan memiliki belalai yang berfungsi untuk menghisap cairan pada tanaman padi. Jika walang sangit menghisap cairan pada buah padi, maka padi tersebut dapat mengalami kekurangan unsur hara yang menyebabkan keadaan padi menjadi melemah.

Selain menghisap cairan buah padi, walang sangit juga kerap menghisap cairan pada tangkai bunga. Walang sangit memiliki sistem pertahanan diri yakni dengan memproduksi bau yang menyengat sehingga hewan ini diberi nama “sangit” kkarena baunya yang menyengat hidung. Walang sangit tertarik dengan bau busuk atau bau bangkai seperti bangkai kepiting, kotoran hewan dan lain sebagainya.

Cara Mudah dan Tepat Basmi Walang Sangit

Itulah tadi hal-hal penting yang perlu Anda ketahui tentang walang sangit. Selanjutnya, informasi penting yang perlu Anda ketahui yakni tentang cara-cara mudah dan efektif dalam menangani walang sangit. Berikut beberapa cara yang dapat Anda ikuti.

1. Cairan Air Sabun

Cara yang satu ini sangat mudah dan ampuh untuk membasmi walang sangit. Anda hanya perlu mempersiapkan air hangat yang telah dicampur sabun cari seperti sabun cuci piring. Lalu, masukkan kedalam botol semprot. Kemudian Anda hanya perlu menyemprotkannya ke walang sangit.

Baca Juga  Dampak Negatif Pembasmi Hama Pestisida Berlebihan

2. Pestisida Organik

Penggunaan pestisida organik juga merupakan cara yang tepat karena tidak hanya membasmi walang sangit hingga tuntas tapi juga tetap menjaga kesehatan tanaman padi. Namun, penggunaan pestisida organik juga perlu mempertimbangkan berbagai hal seperti takaran yang tepat dan teratur.

3. Campuran Ekstrak Daun Sirsak dan Tembakau

Cara alami lainnya yakni dengan membuat cairan ekstrak sirsak dan tembakau. Pertama, Anda hanya perlu menghaluskan daun sirsak dan tembakau. Lalu, rendam dengan air selama 1 hari. Peras dan saring air rendaman lalu larutkan dan semprot ke tanaman padi untuk membasmi walang sangit.

4. Jasa Pembasmi Hama

Ketika walang sangit sudah menyerang dalam skala besar, maka Anda harus segera melakukan cara yang tepat agar hama tersebut dapat segera diatasi sebelum tanaman padi rusak bahkan mati. Cara mudah dan aman yakni dengan menggunakan jasa pembasmi hama FUMIDA. Berikut beberapa alasan penting mengapa memilih FUMIDA.

• FUMIDA adalah jasa pembasmi hama berpengalaman yang ahli dalam menangani beragam jenis hama menggunakan teknologi canggih yang aman dan juga ampuh.

• FUMIDA telah memiliki izin resmi dari dinas kesehatan sehingga pembasmian hama dapat dilakukan dengan efektif dan tidak meninggalkan efek samping terhadap tanaman padi Anda.

• FUMIDA telah mempertahankan kualitasnya sejak 10 tahun lebih, terbukti dengan adanya garansi sehingga jasa FUMIDA sudah tidak dapat diragukan lagi.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan jasa FUMIDA, maka Anda dapat segera mengunjungi website resminya di www.fumida.co.id dimana Anda dapat menemukan contact person dari masing-masing kota. Lalu, Anda dapat segera menghubungi FUMDIA dan konsultasikan masalah hama pada tanaman Anda.

Leave a comment

WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang