Blog

Beberapa Tempat di Rumah Sering Ada Rayapnya

Beberapa Tempat di Rumah Sering Ada Rayapnya

Rayap terdiri dari lebih dari 2.000 spesies yang tersebar di seluruh dunia. Hewan ini bisa ditemukan dimana saja, baik di dalam properti komersil, rumah pribadi, bahkan hutan sekalipun. Setiap spesies punya caranya sendiri untuk beradaptasi. Mengetahui keberadaan rayap di sekitar merupakan langkah penting sebelum melakukan pembasmian. Berikut ini adalah beberapa tempat di rumah yang seringkali ditemukan rayap:

Di dalam tanah

Berdasarkan habitatnya, rayap dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu rayap yang hidup di dalam tanah dan rayap yang hidup di dalam kayu. Ada beberapa jenis rayap yang perlu kontak langsung dengan tanah, contohnya adalah spesies Subterranean. Ada pula yang tidak membutuhkan tanah sama sekali, seperti rayap kayu kering. Meski hidup di dalam tanah, rayap tanah tidak selamanya menetap disitu. Mereka juga perlu sesekali muncul ke permukaan untuk mencari makanan.

Beberapa Tempat di Rumah Sering Ada Rayapnya 2

Untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain, mereka biasanya membuat terowongan yang terbuat dari campuran tanah dan kayu. Adanya mud tube atau terowongan tanah bisa menjadi salah satu indikasi infestasi rayap di rumah. Jika anda melihat gundukan tanah menjalar di lantai atau tembok, coba hancurkan sedikit, anda akan menemukan banyak rayap di dalamnya. Sementara itu, rayap kering hidup sepenuhnya di dalam kayu. Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana mereka bisa bertahan tanpa kelembaban yang cukup. Faktanya rayap kayu kering sudah berevolusi untuk bertahan di lingkungan seperti ini.

Dinding

Rayap merayap di dinding merupakan hal yang lumrah. Jika mereka terus memperpanjang terowongan tanah di dinding, pada akhirnya mereka akan sampai ke sumber makanan yang diinginkan, seperti jendela, kusen pintu, dan berbagai elemen kayu di rumah. Kerusakan oleh rayap bisa dilihat dari mengelupasnya cat di lokasi yang mereka lalui. Selain itu, jika rayap sudah hidup di dalam kayu, akan terdengar suara berdengung saat kayu tersebut diketuk.

Baca Juga  Jasa Anti Rayap di Bekasi

Kamar mandi

Kamar mandi merupakan lingkungan yang ideal bagi rayap sebab tingkat kelembaban disini sangat tinggi. Seperti diketahui, rayap sangat suka kelembaban, terutama jenis rayap tanah, jadi potensi terjadinya infestasi di beberapa bagian kamar mandi sangat tinggi. Coba perhatikan frame kayu atau plafon, mungkin saja mereka ada disana.

Beberapa Tempat di Rumah Sering Ada Rayapnya

Furniture

Rayap hidup di dalam furniture bukanlah hal yang mengejutkan. Serangga ini menyukai selulosa yang terdapat di dalam kayu. Oleh sebab itu, jika anda memiliki banyak perabotan kayu di rumah, jangan lupa berikan perlindungan maksimal, salah satunya adalah dengan mengaplikasikan cat anti rayap. Tujuannya adalah agar rayap tidak mendekat. Selain itu, pemilihan kayu yang tepat juga membantu menghindarkan serangan rayap. Ada beberapa jenis kayu yang punya ketahanan lebih terhadap rayap, diantaranya adalah kayu ulin, jati, dan merbau. Silakan pakai jenis-jenis kayu ini untuk membuat perabotan rumah agar anda tidak direpotkan dengan masalah rayap di kemudian hari. Seperti makhluk hidup lainnya, rayap juga membuang kotoran setelah makan. Kotoran rayap berbentuk seperti pasir. Jika ada banyak yang seperti ini berceceran di lantai, maka anda patut waspada jika ada koloni rayap di sekitar.

Penanganan

Infestasi rayap merupakan hal yang serius. Sebagai pemilik rumah, sudah seharusnya anda mengambil langkah kuratif agar masalah tidak menjadi semakin parah. Saat ini sudah tersedia insektisida yang ampuh untuk membunuh rayap. Hanya saja, pembasmian secara manual lebih cocok untuk infestasi skala kecil saja. Jika serangan rayap sudah terlalu luas, perlu metode-metode khusus seperti yang jasa pest control biasanya sediakan. Kami Jasa Pest Control Jakarta siap membantu anda akan hal tersebut. Silakan hubungi kami lewat kontak yang tersedia.

Leave a comment

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822 1123 1123
WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang