Blog

Ramuan Jitu Pembasmi Ulat Grayak

Ramuan Jitu Pembasmi Ulat Grayak

Bagi para petani jagung, ulat grayak merupakan salah satu hama yang sangat merugikan. Selain menyerang tanaman jagung, ulat grayak juga suka menyerang tanaman bawang merah, cabai dan beragam jenis tanaman lainnya. Jika Anda sudah menemukan adanya ulat grayak yang menggerogoti tanaman Anda, maka perlu dilakukan penanganan yang tepat agar ulat grayak dapat segera dibasmi dan tidak merusak tanaman serta hasil panen.

Untuk membasmi ulat grayak hingga tuntas, ada beberapa cara khusus yang dapat Anda lakukan. Salah satunya yakni dengan menggunakan ramuan jitu yang terdiri dari bahan alami yang sangat mudah dan ampuh untuk mengusir ulat grayak. Berikut beberapa penjelasan yang perlu Anda ketahui.

Ramuan Alami Pembasmi Ulat Grayak

Ramuan dibawah ini terbuat dari bahan-bahan alami yakni dengan menggunakan ekstrak tembakau yang dipercaya ampuh menangani ulat grayak. Berikut bagaimana cara membuat dan mengaplikasikannya:

1. Persiapkan Daun Gamal Tumbuk

Bahan pertama yang perlu Anda siapkan yakni daun gamal tumbuk. Daun gamal dikenal juga sebagai pagar hidup atau peneduh tanaman yang memiliki tipe daun yang berbentuk kecil. Ambil segenggam daun gamal dan tumbuk hingga halus untuk dicampurkan ke dalam ramuan.

2. Air

Selanjutnya untuk menghaluskan ramuan, Anda perlu menyiapkan air. Air yang disiapkan dapat disesuaikan dengan banyaknya ramuan yang akan Anda buat. Untuk takaran satu genggam daun gamal, Anda dapat mempersiapkan sekitar 5 liter air.

3. Rebus Daun Gamal

Lalu, panaskan air dan rebus daun gamal yang sudah Anda tumbuk hingga mendidih. Setelah itu, Anda dapat diamkan air rebusan daun gamal untuk beberapa saat hingga dingin.

4. Tembakau rokok

Bahan selanjutnya yang perlu dipersiapkan yakni tembakau rokok. Untuk takaran yang telah disediakan diatas, Anda dapat menyiapkan sekitar 250 g tembakau rokok untuk dicampurkan kedalam air rebusan daun galam yang telah didinginkan.

Baca Juga  Waspada, Ternyata Diare Bisa Berakibat Kematian

5. Diamkan Selama Beberapa Jam

Sebelum menggunakan ramuan tersebut, Anda perlu mendiamkannya selama 3 hingga 4 jam. Sebelum didiamkan pastikan Anda telah mengaduk ramuan dengan benar hingga warna nya berubah menjadi kehitaman atau kemerahan lalu diamkan.

6. Gunakan Ramuan dengan Campuran Air

Untuk menggunakan ramuan ini, Anda hanya perlu membutuhkan 250 cc larutan yang telah Anda campur dengan 10 liter air. Lalu, gunakan cairan tersebut untuk membasmi ulat grayak yang sudah menggorogoti tanaman jagung, bawang ataupun cabai.

Itulah tadi langkah-langkah mudah membuat ramuan jitu pembasmi ulat grayak. Selain menggunakan ramuan, ulat grayak juga dapat dibasmi dengan cara-cara berikut, seperti:

• Menggunakan kelambu kasa

Kelambu kasa adalah salah satu cara tepat yang dapat diaplikasikan pada tanaman di lahan yang cukup besar. Pastikan Anda memasang kelambu kasa ini diawal karena sifatnya yang berfungsi sebagai pencegahan dari serangan ulat grayak.

• Memasang lampu perangkap

Pemasangan lampu perangkap ulat grayak banyak digunakan oleh petani bawang merah. Alat utama yang digunakan untuk lampu perangkap ini adalah baskom yang diisi air beserta lampu. Pada malam hari, lampu perangkap akan dinyalakan dan mulai memerangkap ngengat atau ulat grayak disekitar lahan.

• Menggunakan Jasa FUMIDA

Jika Anda mendapati hama ulat grayak yang membandel dan susah untuk dibasmi, maka salah satu cara tepat yakni dengan memercayakan jasa pembasmi hama FUMIDA. Jasa yang berpengalaman dibidangnya dan memiliki izin resmi dari dinas kesehatan sehingga dapat membantu Anda membasmi beragam jenis hama membandel dengan aman dan tepat.

Penjelasan artikel ini semoga bisa membantu anda membasmi ulat grayak yang menganggu. Pastikan untuk menggunakan jasa FUMIDA yang sudah terpercaya ampuh membasmi segala jenis hama.

Leave a comment

WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang