Blog

Mengapa Rayap Suka Sekali Makan Kayu?

Tidak ada orang yang tidak tahu kalau rayap merupakan serangga pemakan kayu. Jika di dunia semut ada istilah ada gula ada semut, mungkin di dunia rayap bisa dibuat juga perumpamaan seperti itu, ada kayu ada rayap. Namun, benarkah rayap suka makan kayu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kami akan mengulasnya di artikel ini, selamat membaca!

Sebelum kita membahas solusi untuk obat anti rayap atau penanggulangan hama rayap, ada hal yang menarik dari serangga kecil ini. Perlu Anda ketahui bahwa rayap adalah tergolong pada serangga primitif namun bisa mempertahankan populasi dan koloninya hingga zaman moderen seperti sekarang ini. Hal tersebut dikarenakan rayap bisa hidup dimana saja asalkan di lingkungan tersebut terdapat sumber makanan.

Darimana rayap mendapatkan sumber makanannya? Hasil penelitian menyebutkan bahwa rayap bertahan hidup dan berkembang biak dengan mengonsumsi selulosa. Tahukah Anda apa itu selulosa? Dan kenapa rayap sangat membutuhkannya? Selulosa atau zat selulosa termasuk pada salah satu zat yang banyak ditemukan di bumi.

Zat selulosa lebih banyak terdapat pada kayu dan kertas (karena kertas juga terbuat dari serat kayu). Maka tak mengherankan kenapa rayap lebih sering menyerang kayu daripada material lainnya, hal tersebut dikarenakan rayap ingin memakan zat selulosa yang ada pada kayu tersebut. Jadi menurut ilmu zoology rayap tidak serta merta memakan kayu, namun merek memakan zat selulosa yang ada pada kayu.

Untuk mencerna selulosa, rayap membutuhkan enzim selulase untuk mencernanya. Enzim selulase dihasilkan oleh protozoa serta baketri yang terdapat pada saluran pencernaan rayap. Hal tersebut berbeda dengan manusia yang tidak memiliki enzim selulase sehingga tidak bisa menguraikan zat selulosa. Selain rayap, hewan yang memiliki enzim selulase adalah sapi dan kambing sera hewan memamah biak lainnya.

Baca Juga  Jasa Pembasmi Rayap di Halim Perdanakusuma Jakarta Timur

Indonesia yang merupakan surga bagi rayap dikarenakan banyak terdapat hutan hujan tropis memiliki banyak sekali spesies rayap. Di pulau Jawa saja ternyata ditemukan ada 200 jenis rayap bahkan lebih. Hal tersebut bisa saja membanggakan atau justeru membahayakan. Kenapa membahayakan? Jelas sekali berbahaya, karena rayap merupakan hama perusak. Mereka bisa membuat keropos seluruh elemen kayu yang ada pada rumah Anda.

Rayap sangat membutuhkan kayu, karena pada kayu terdapat sumber makanan bagi mereka yaitu selulosa. Sebelum rayap-rayap ini merusak rumah Anda, sebaiknya Anda harus mengetahui gejala mulai adanya gangguan dari hewan perusak ini. Berikut ciri-ciri jika rumah atau furniture Anda diserang oleh rayap:

Perabotan yang terbuat dari kayu akan terkhat lebih berongga dan keropos

Hama ini akan memakan kayu dari bagian dalam dan hanya menyisakan lapisan bagian luar kayu saja yang sudah tipis. Saat Anda menekan atau mengetuk kayu yang sudah dirusak oleh rayap, maka akan terasa kayu tersebut menjadi berongga atau bahkan jika ditekan dengan keras, kayu terebut malah hancur karena saking tipisnya.

Terdapat jalur rayap pada Kayu

Tanda lain ketika furniture atau perabotan kayu Anda dimakan oleh rayap biasanya terdapat adanya jalur seperti terwongan yang dibuat oleh rayap itu sendiri. Mereka membuat jalur tersebut jika memakan kayu dimulai dari lapisan luar, dengan membuat terowongan tersebut akan memberikan efek lembab untuk menambah rasa nyaman bagi kelangsungan hidup mereka.

Cara Membasmi Rayap Sampai Tuntas

Salah satu cara membasmi rayap sampai benar-benar tuntas adalah menggunakan jasa pest control yang terpercaya dan profesional seperti yang ditawarkan oleh FUMIDA. Anda bisa menghubungi FUMIDA melalui layanan telp 021-29049130 atau melalui SMS/Whatsapp di 0822-1177-1166. Semoga masalah rayap di rumah Anda segera teratasi dengan baik.

Leave a comment

WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang